Penulis Utama : Sayekti Nugroho
NIM / NIP : X4711295
×

Penelitian ini menggunkan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini  adalah siswa kelas IV SDN 1 Purwodadi, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjanegara tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 20 siswa. Sumber data diperoleh dari siswa  dan guru. Data terdiri dari data primer dan data sekunder, data primer  terdiri  atas  hasil  belajar, keaktifan, aktifitas guru, pelaksanaan. Data  sekunder diperoleh dari hasil belajar pratindakan, RPP, silabus, kurikulum. Teknik pengumpulan data adalah tes unjuk kerja, tes lisan, non tes dan  observasi. Alat pengumpulan data yaitu servis atas, daftar pertanyaan, lembar observasi, kartu  ceria  kartu  kegiatan guru, dan penggunaan media pembelajaran. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Analisis data  menggunakan metode deskriptif kualitatif dan analisis kritis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui gaya mengajar inklusi pada servis batas bola voli dapat meningkatkan hasil  belajar  siswa  dari prasiklus kesiklus I dan dari siklus I kesiklus II. Hasil pembelajaran sebelum tindakan penelitian hanya 25% yang mencapai ketuntasan, kemudian meningkat menjadi 70% pada siklus I dan 90% padasiklus II.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli pada siswa kelas IV SD Negeri l Purwodadi.

×
Penulis Utama : Sayekti Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4711295
Tahun : 2013
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli Melalui Penerapan Gaya Mengajar Inklusi pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Purwodadi Kecamatan Karangkobar Kabupaten Banjarnegara
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - X4711295 - 2013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Febriani Fajar Ekawati, S.Pd,M.Or.
2. Dr. Intan Suraya Ellyas,M.Or.,
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.