Penulis Utama : Mike Moranawati
NIM / NIP : X8110030
×

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-ID X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal membaca permulaan melalui metode permainan bahasa pada anak kelas B TK MDI "Plus" Pandeyan Boyolali tahun pelajaran 2011/2012.

Penelitian ini menggunakan metode permainan bahasa pada pembelajaran mengenal membaca permulaan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi.

Hasil dari penelitian adalah nilai unjuk kerja peserta didik dalam pembelajaran kemampuan mengenal membaca permulaan sebelum dilakuk:an penelitian, peserta didik yang tuntas ( •) Tingkat Pencapaian Perkembangan (TPP) hanya 8 peserta didik atau 28,6?ri 28 peserta didik. Sedangkan pada siklus I peserta didik yang memperoleh nilai tuntas (•) Tingkat   Pencapaian Perkembangan (TPP) menjadi 17 peserta didik atau 60, 7%. Selanjutnya setelah dilakukan tindak lanjut pada siklus II, peserta didik yang tuntas (•)  Tingkat Pencapaian Perkembangan (TPP) ada 25 peserta didik atau 89,3%. Kondisi ini menunjukkan peningkatan  60, 7?ri keadaan awal peserta didik sebelum diadakan penelitian atau meningkat 28,6?ri siklus I.

Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan mengenal membaca permulaan dengan menggunakan metode permainan bahasa pada anak kelas B TK MDI "Plus" Pandeyan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali dapat meningkat. Oleh karena itu saran dari  peneliti  hendaknya  guru menggunakan permainan dalam melakukan pembelajaran membaca permulaan sehingga peserta didik tanpa disadari telah melakukan aktivitas belajar membaca tanpa ada paksaan dan tekanan dari guru.

Kata Kunci: Mengenal Membaca Permulaan, Metode Permainan Bahasa.

×
Penulis Utama : Mike Moranawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X8110030
Tahun : 2012
Judul : Peningkatan Kemampuan Mengenal Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Bahasa pada Anak Kelas B TK MDI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Ilmu Pendidikan - X8110030 - 2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Chumdari, M.Pd
2. Dra. Jenny Is Poerwanti, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.