Penulis Utama : Siti Khodijah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0116091
Tahun : 2021
Judul : Kualitas Pelayanan Pusat Layanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PLKSAI) dalam Mewujudkan Surakarta sebagai Kota Layak Anak
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Sosial dan Politik, Jur.Administrasi Negara-D0116091-2021
Subyek : KUALITAS PELAYANAN, UPAYA PENINGKATAN PELAYANAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pusat Layanan Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PLKSAI) sebagai lembaga perlindungan anak untuk menangani kasus permasalahan kesejahteraan sosial anak yang berfokus pada pencegahan, pengurangan resiko dan penangan terhadap masalah anak guna mendukung terwujudnya Kota Layak Anak (KLA) di Kota Surakarta. Namun PLKSAI masih menghadapi beberapa tantangan sehingga pelayanan yang diberikan kurang optimal. Maka dari itu perlu  dilakukan  peningkatan  kualitas  pelayanan  guna terciptanya pelayanan terhadap kesejahteraan sosial anak yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan dari PLKSAI serta mengetahui upaya-upaya apa saja yang dilakukan PLKSAI dalam peningkatan kualitas pelayanan guna membantu mewujudkan Surakarta sebagai Kota Layak Anak (KLA).

Jenis  penelitian  yang digunakan dalam penelitian  ini  adalah  metode  penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu beberapa orang informan dan sumber data sekunder berupa dokumen terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semistruktur, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif dan validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan yang dimiliki oleh PLKSAI Kota Surakarta sudah baik, hal tersebut dapat dilihat masing- masing dimensi kualitas pelayanan. Dilihat dari dimensi Tangible sudah terdapat area pelayanan yang nyaman, kemudahan akam mengakses pelayanan serta sarana prasarana fisik yang sudah cukup memadai. Dilihat dari dimensi Empathy juga sudah bersikap dengan ramah dan  sopan dalam memberikan pelayanan jika. Pada dimensi Responsiveness sudah cukup cepat, sigap dan tidak bertele-tele dalam merespon permohonan  maupun memberikan pelayanan. Selain itu para pegawai PLKSAI pada dimensi Reliability juga sudah cukup baik dan mampu dalam memberikan pelayanan serta sudah bekerja sesuai dengan tugas masing-masing dan untuk dimensi Assurance PLKSAI Kota Surakarta tidak dapat memberikan jaminan  ketepatan waktu dan kepastian jadwal dalam memberikan pelayanan. Adapun upaya-upaya yang dilakukan umtuk meningkatkan kualitas pelayanan antara lain dengan memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk memberikan informasi secara terbuka kepada masyarakat; membentuk aplikasi bernama ANAKAN MERI (Layanan Kesejahteraan Masyarakat Integratif) sebagai sarana untuk melakukan pengaduan kasus secara online agar lebih efektif dan cepat; melakukan survey mengenai kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberika;, memiliki Standar Operational Procedure (SOP) telah diatur dalam Perwali 1-I tahun 2017 tentang Pusat Layanan Kesejahteraan Sosial Anak (PLKSAI) serta melakukan pelatihan-pelatihan mulai dari manajemen kasus, pendataan, penjangkauan hingga penangana kasus serta penggunaan aplikasi PRIMERO untuk meningkatkan kemampuan pegawainya. Sehingga dengan adanya pelayanan yang semakin optimal maka dapat digunakan untuk membantu mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) di Kota Surakarta.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Upaya Peningkatan Pelayanan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V DAN DAPUS.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ibu Dra. Sri Yuliani, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP