Penulis Utama : Charilia Riantanti Pramitha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0416012
Tahun : 2021
Judul : Bantuan Official Development Assistance (ODA) Tiongkok sebagai Penyebab Peralihan Pengakuan Diplomatik dari Taiwan ke Tiongkok oleh Kepulauan Solomon dan Kiribati
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Sosial dan Politik, Jur.Hubungan Internasional-D0416012-2021
Subyek : BANTUAN LUAR NEGERI, ODA, PENGAKUAN DIPLOMATIK, KEPULAUAN SOLOMON, KIRIBATI, TIONGKOK, TAIWAN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Bantuan luar negeri tidak hanya digunakan untuk membantu negara penerima dalam membangun perekonomiannya, tetapi juga untuk mencapai kepentingan nasional negara donor, salah satunya adalah Tiongkok. Seperti yang kita tahu, Taiwan dan Tiongkok terlibat dalam perlombaan untuk mencari pengakuan diplomatik dari negara-negara lain. Kawasan Pasifik menjadi arena perebutan diplomatik dua negara ini karena enam negara di kawasan ini memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan. Salah satu upaya yang dilakukan Tiongkok untuk mengambil alih pengakuan diplomatik atas Taiwan adalah melalui penawaran bantuan luar negeri yang lebih untuk Kepulauan Solomon dan Kiribati. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh bantuan luar negeri Tiongkok terhadap kebijakan luar negeri Kepulauan Solomon dan Kiribati menggunakan konsep Foreign Aid as a Foreign Policy Tool. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tawaran bantuan ODA Tiongkok yang responsif terhadap kebutuhan Kepulauan Solomon dan Kiribati serta dalam jumlah yang lebih masif terbukti efektif dalam mengubah kebijakan luar negeri kedua negara tersebut yakni mengalihkan pengakuan diplomatik mereka dari Taiwan menjadi Tiongkok. Fenomena ini menunjukkan bahwa bantuan ODA dijadikan Tiongkok sebagai Alat One-China Policy-nya dan tujuan penawaran bantuan ODA oleh Tiongkok untuk mendapatkan pengakuan diplomatik dari Kepulauan Solomon dan Kiribati sukses dilakukan.

Kata Kunci: Bantuan Luar Negeri, Oda, Pengakuan Diplomatik, Kepulauan Solomon, Kiribati, Tiongkok, Taiwan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bintang Indra Wibisono, S.Hub.Int., M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP