Penulis Utama : Mega Viendrieana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3316038
Tahun : 2020
Judul : Analisis Muatan Literasi Kimia Pada Buku Teks Kimia SMA Kelas XI di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Kimia - K3316038- 2020
Subyek : BUKU TEKS, KIMIA, KUALITATIF, LITERASI KIMIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan pembelajaran kimia menurut kurikulum 2013 disesuaikan dengan pemenuhan ketrampilan abad 21. Salah satu ketrampilan abad 21 adalah literasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) aspek konten, (2) aspek konteks, (3) aspek HOTS, dan (4) aspek sikap dari literasi kimia pada buku teks kimia kelas XI berdasarkan kategori literasi kimia.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kuantitas dari 4 kategori literasi kimia berupa aspek konten, aspek konteks, aspek HOTS, dan aspek sikap. Dengan 14 subkategori literasi kimia sebagai indikator pengkodingan unit-unit teks dalam kegiatan analisi buku teks kimia kelas XI. Sumber data pada penelitian ini yaitu tiga buku teks kimia kelas XI dengan tiga penerbit yang berbeda, yaitu Erlangga; Intan Pariwara; dan  Tiga Serangkai. Teknik pengambilan objek penelitian ini menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa lembar analisis indikator literasi kimia. Kemudian, uji validitas pada penelitian ini ada dua macam yaitu uji validitas instrumen dengan menggunakan formula Gregory, dan uji validitas data menggunakan triangulasi antar peneliti. Dan teknik analisa data dilakukan dengan menjumlahkan dan menghitung persentase kemunculan indikator literasi kimia, serta reliabilitas pengamatan.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan yaitu dari ketiga buku teks kimia SMA kelas XI yang dianalisis berdasarkan literasi kimia, diperoleh hasil rata-rata proporsi literasi kimia sebagai berikut : (1) aspek konten sebesar 59,08%, (2) aspek konteks sebesar 24,78%, (3) aspek HOTS sebesar 8,31%, dan (4) aspek sikap sebesar 7,83%. Koefisien kesepakatan pengamatan rata-rata dari ketiga buku sebesar 0,981. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat menjadi acuan guru untuk menentukan buku teks yang akan dijadidikan sumber belajar yang mengacu pada literasi kimia, dapat digunakan penyusun atau penerbit buku teks dalam menyeimbangkan setiap aspek literasi kimia, dan dapat menjadi referensi untuk peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian sejenis. Dari hasil penelitian ini, buku teks yang disarankan untuk digunakan adalah buku Intan Pariwara karena mecakup aspek literasi kimia yang lengkap dan lebih seimbang dibandingkan kedua buku yang lain.

Kata kunci : Buku Teks, Kimia, Kualitatif, Literasi Kimia

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Yamtinah, M.Pd.
2. Dr. Maria Ulfa, S.Si, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP