Penulis Utama : Agus Supriyanto
NIM / NIP : K3516004
×

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi masa studi mahasiswa dan prediksi kelulusan masa studi mahasiswa melalui penelitian Data Mining menggunakan algoritma C4.5

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data alumni 2012 hingga 2015 yang didapat memiliki persentase rata-rata mahasiswa yang lulus tepat waktu adalah 22%. Data yang diuji adalah data alumni mahasiswa 2012 hingga 2015. Instrumen yang diteliti antara lain masa studi, tahun akademik, IPK, fokus penjurusan, jenis kelamin, intensitas bekerja selama kuliah, jenis skripsi, intensitas organisasi internal kampus, intensitas organisasi eksternal kampus, golongan UKT, status penerima beasiswa, pendidikan sebelum kuliah, intensitas hobi, intensitas bermain game, status keikutsertaan kompetisi akademik, status keikutsertaan kompetisi non-akademik, dan ketersediaan sarana dan prasarana. Hasil pengujian terbaik dengan memakai percentage-split 75% memperoleh akurasi 83,33% serta aturan-aturan yang terdapat dalam pohon keputusan.

Kata Kunci: Algoritma C4.5, Data Mining, Prediksi Masa Studi

×
Penulis Utama : Agus Supriyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3516004
Tahun : 2020
Judul : Implementasi Data Mining untuk Memprediksi Masa Studi Mahasiswa Menggunakan Metode C4.5 (Studi Kasus PTIK FKIP UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer - K3516004- 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dwi Maryono, S.Si., M.Kom.
2. Febri Liantoni, S.ST., M.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.