Penulis Utama : Hasih Sri Lamdari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7108044
Tahun : 2012
Judul : Penerapan Metode Talking Stick sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Kerja Sama Negara-Negara Asia Tenggara (ASEN) pada Siswa Kelas VI SD Negeri II Jendi Girimarto Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7108044 - 2012
Subyek : TALKING STICK, PEMAHAMAN KONSEP, KUALITAS PROSES
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep kerja sama negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan   menerapkan metode Talking Stick pada siswa kelas VI SD N II Jendi Girimarto Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran PKn yang difokuskan pada keaktifan siswa dalam pembelajaran.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri II Jendi, Girimarto, Wonogiri, Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 21 siswa dan guru kelas VI. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif (Miles& Huberman) yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Teknik  pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Uji validitas penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan pemahaman konsep kerja sama negara-negara Asia Tenggara (ASEAN) pada siswa SD N Il Jendi Girimarto Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Selain itu juga dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran PKn tentang kerja sama negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai pemahaman konsep siswa pada setiap sildus yaitu nilai rata-rata pemahaman konsep siswa sebelum tindakan (prasiklus) hanya 33,33%, pada siklus I 80,26%, dan siklus Il 95,24% sedangkan  peningkatan kualitas proses terlihat dari adanya peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, siklus I 86?n siklus n l00%.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halama Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M. Pd
2. Drs. Hasan Mahfud, M. Pd
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP