Penulis Utama : Didik Rahmadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1507013
Tahun : 2013
Judul : Perancangan Video Pembelajaran Menggambar Pintu Rumah Sederhana Padamatakuliah CAD Dua Dimensi Pendidikan Teknik Bangunan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Prodi Pendidikan Teknik Bangunan, Jur Pendidikan Teknik dan Kejuruan - K1507013 - 2013
Subyek : MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO PEMBELAJARAN, PINTU RUMAH SEDERHANA, AUTOCAD DUA DIMENSI, CAMTASIA STUDIO 7, ADOBE FLASH CSS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran yang layak sebagai penunjang mata kuliah CAD Dua Dimensi, di dalamnya dijabarkan cara membuat video  pembelajaran dan  pengaruhnya terhadap nilai hasil belajar mahasiswa penempuh mata kuliah CAD Dua Dimensi Pendidikan Teknik Bangunan UNS.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research  &  Development  (R&D).  Penelitian  ini  dilaksanakan  di  Pendidikan Teknik Bangunan UNS. Tahap penelitian dibagi menjadi tiga tahapan penting yaitu: tahap studi pendahuluan, tahap  pengembangan desain  model  dan tahap validitas  model.  I) Tahap  studi  pendahuluan  dilakukan dengan pendekatan diskriptif kualitatif sebagai analisis kebutuhan media. 2) Tahap Pengembangan desain model, tahapan ini menerapkan pendekatan diskriptif yang terdiri dari: a) Proses pembuatan video yang terdiri dari tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi, dan post produksi. Pembuatan video direkam mengunakan Camtasia Studio 7, kemudian digabungkan dalam satu file mengunakan Adobe  Flash CS5. b) Proses uji coba, setelah video jadi, video kemudian divalidasi oleh ahli media, ahli substansi, dan ahli instruksional untuk mengukur kelayakan media sebelum diujikan pada pengguna (alpha testing), pengukuran dilakukan dengan skala pengukuran ratting scale. Video  yang  dinyatakan  layak,  kemudian  diujikan dengan metode eksperimen pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan (beta testing) untuk mengetahui manfaat media terhadap pengguna. Uji coba tersebut diukur dengan skala pengukuran ratting scale. 3) Tahap validitas model (sumattif testing)  untuk  mengetahui keefektifan  penggunaan  video  terhadap  nilai hasil belajar mahasiswa. Tahapan ini dilakukan dengan ekperimen quasi (pre test-post test) dengan mengambil  sampel secara purposive sampling pada uji  lapangan. Analisis data mengunakan t-test berkolerasi.
Hasil penelitian menunjukkan terciptanya video pembelajaran yang layak digunakan sebagai  media  pendukung  pembelajaran, ditinjau dari: 1)  Aspek Substansi,  83%  (sangat  baik). 2) Aspek Instruksional, 81%  (sangat  baik). 3) Aspek Media,  81% (sangat baik). 4) Manfaat video terhadap  pengguna,  yaitu 72,58% pada pre  test dan 85, 17% pada post test. 5) Peningkatan hasil belajar mahasiswa khususnya materi mengambar pintu rumah sederhana, yaitu mencapai nilai signifikansi t-test sebesar -5,66, dimana rata-rata nilai pre test sebesar 68,2 menjadi 75,67 pada post test, sehingga model pengembangan  pembelajaran dengan video pembelajaran ini kedepannya dapat direkomendasikan sebagai inovasi baru dalam pembelajaran.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bapak Abdul Haris Setiawan, M.Pd,
2. Bapak Dr. Roemintoyo, M.Pd,
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP