Penulis Utama : Dewi Sulastri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6410017
Tahun : 2013
Judul : Pengaruh Kesadaran Hak-Hak Wanita Terhadap Partisipasi Wanita dalam Mencegah Tindak Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) di Rukun Warga (RW) VIII Kelurahan Sewu Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS - F.KIP, Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - K6410017 - 2013
Subyek : KESADARAN HAK-HAK WANITA, PARTISIPASI WANITA, KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kesadaran hak-hak wanita, partisipasi wanita, kekerasan dalam rumah tangga.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kesadaran hak-hak wanita terhadap partisipasi wanita dalam mencegah tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di rukun warga (RW) VIII Kelurahan Sewu, Surakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wanita di RW VIII Kelurahan Sewu Surakarta, yang terdiri dari 6 rukun tetangga (RT) yang berumur 17-65 tahun sebanyak 444  jiwa. Penentuan  sampel penelitian ini menggunakan teknik Cluster Ramdom Sampling (Area Ramdom Sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 58 orang yang di ambil secara acak dari 3 rukun tetangga (RT) yaitu RT 2, RT 4, dan RT 5. Teknik  pengumpulan data untuk variabel kesadaran hak-hak wanita (X)  dan variabel partisipasi wanita dalam mencegah kekerasan dalam rumah tangga (Y) menggunakan metode angket yang bersifat tertutup. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi satu prediktor.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh dari sikap kesadaran hak-hak wanita terhadap partisipasi wanita dalam  mencegah tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di rukun   warga (RW) VIII Kelurahan Sewu, Surakarta. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data yang menyabutkan bahwa r hit> r tabel yaitu 0,263>0,254 serta koefisien korelasinya adalah thitung> ttable yaitu 2,039 > 1,671. Sedangkan besaran sumbangan determinasi sebesar 6,91 %.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima, artinya terdapat pengaruh antara kesadaran hak-hak wanita terhadap partisipasi wanita dalam mencegah tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) di rukun warga (RW) VIII Kelurahan Sewu, Surakarta.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halama Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Utomo, M.Pd
2. Drs. Hassan Suryono, SH, M.Pd, M.H,
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP