Penulis Utama : Dwi Eko Prastyo
NIM / NIP : C0213021
×


Penelitian  ini  menganalisis  postingan  dalam  laman  facebook  Denny Siregar dalam suatu tinjauan difemisme. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tipe disfemisme yang terdapat dalam laman Denny Siregar? Dan (2) Bagaimana fungsi yang dipakai dalam laman Denny Siregar?.
Tujuan dari penelitian ini menckup dua hal, yaitu: (1) Mendiskripsikan tipe disfemisme yang terdapat dalam laman Denny Siregar dan (2) mendiskripsikan fungsi yang dipakai dalam laman Denny Siregar.
Data dalam penelitian ini adalah berbentuk tuturan kata, frasa, dan atau ungkapan yang mengandung disfemisme yang ada dalam postingan facebook Denny Siregar. Subjek dalam penelitian ini adalah kalimat  yang mengandung ungkapan disfemisme yang terdapat dalam postingan facebook Denny Siregar. Sedangkan objek penelitian ini adalah kata, frasa, dan atau ungkapan disfemisme yang bertujuan mengkritik seseorang, kelompok, atau institusi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif yang mendeskripsikan  bentuk  kebahasaan  pada  laman  postingan  facebook  Denny Siregar dilihat dari tipe dan fungsi disfemisme. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini mengamati, menyimak serta membaca dengan cermat dan memahami unggahan pada laman online subjek penelitian.
Hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan dapat simpulkan sebagai berikut. Pertama,  tipe disfemisme pada laman facebook Denny Siregar ditemukan sebanyak delapan tipe. Delapan tipe tersebut berupa istilah tabu, makian,   perbandingan dengan binatang,   julukan,   makian abnormalitas,   IST disfemisme,   ejekan, dan istilah asing. Tipe istilah tabu merupakan tipe yang paling banyak ditemukan. Selanjutnya tipe perbandingan dengan binatang dan makian abnormalitas ditemukan dalam jumlah yang sama dalam laman facebook Denny Siregar. Kedua, ditemukan sebanyak lima fungsi disfemisme yang digunakan  dalam  postingan  Denny Siregar.  Fungsi-fungsi  tersebut  terdiri  dari fungsi mengasarkan, tidak sopan, menyatakan keheranan, menunjukkan rasa tidak suka dan menistakan pendengar. Fungsi tidak sopan dan menistakan pendengar merupakan fungsi yang banyak ditemukan. Selanjutnya fungsi keheranan menjadi fungsi yang paling sedikit ditemukan.

Kata kunci: Postingan, Facebook, Disfemisme

 

×
Penulis Utama : Dwi Eko Prastyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213021
Tahun : 2021
Judul : Penggunaan Disfemisme pada Laman Facebook Denny Siregar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Ilmu Budaya, Jur. Sastra Indonesia - C0213021 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanifullah Syukri, M. Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
View My Stats