Penulis Utama : Yunita Sari
NIM / NIP : K7116220
×

Penelitian   ini   merupakan   Penelitian   Tindakan   Kelas   (PTK)   yang dilaksanakan selama dua siklus, yang setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan. Subjek  penelitian  ini  adalah  guru  serta  14  peserta  didik  kelas  V  SD  Negeri Mangkubumen Kulon No. 83. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan  teknik  observasi,  wawancara,  dokumentasi,  dan  tes.  Teknik  uji validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik.
Analisis data menggunakan model analisis interaktif Milles dan Huberman.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini.  Pertama, hasil tes menunjukan ketuntasan klasikal pratindakan sebesar 42% atau hanya 5 dari 12 peserta didik yang telah mencapai KKM. Kedua, dengan penerapan Concept Sentence pada siklus I meningkat menjadi 57% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,3% atau secara klasikal ada 12 peserta didik yang tuntas. Ketiga, selain peningkatan pada keterampilan menulis pantun, peningkatan juga terjadi pada aktivitas peserta didik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Concept Sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun peserta didik kelas V SD Negeri Mangkubumen Kulon No. 83 Surakarta tahun pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: pantun, keterampilan menulis, model Concept Sentence

 

×
Penulis Utama : Yunita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116220
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Pantun Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Concept Sentence pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Mangkubumen Kulon No. 83 Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar - K7116220 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Idam Ragil WA, S. Pd, M. Si
2. Karsono, S. Sn, M. Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.