Penulis Utama : Bagas Oktarian
NIM / NIP : K4616023
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh sport massage treatment terhadap recovery penurunan denyut nadi pada peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMK Kesehatan Mandala Bhakti Surakarta tahun 2020/2021.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik di SMK Kesehatan Mandala Bhakti Surakarta yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 16 peserta didik dengan membagi dua kelompok eksperimen secara ordinal pairing, yaitu 8 peserta didik dengan pemberian eksperimen sport massage dan 8 peserta didik sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan tes yang terdiri dari empat bagian yaitu tes pertama dan tes kedua sebelum permberian massage, dan tes ketiga dan ke-empat setelah perlakuan manipulasi sports massage. Analisis data penelitian menggunakan uji-t (beda) berpasangan melalui SPSS dengan taraf signifikasi 5% untuk melihat ada tidaknya pengaruh yang terjadi setelah pemberian eksperimen.

Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: terjadinya penurunan denyut nadi setelah latihan futsal antara sebelum dan sesudah perlakuan massage. Rata-rata penurunan denyut nadi yaitu ± 7 BPM dari pengukuran awal. Hasil uji-t menunjukkan signifikasi 0.001.

Hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa pemberian treatment sport massage mempengaruhi penurunan denyut nadi pada peserta didik SMK Kesehatan Mandala Bhakti Surakarta yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal.

Kata kunci: Sport massage, denyut nadi, quasi experiment, ordinal pairing, uji-t berpasangan

×
Penulis Utama : Bagas Oktarian
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4616023
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Sport Massage Treatment terhadap Recovery Penurunan Denyut Nadi pada Peserta Didik yang Mengikuti Ekstrakulikuler Futsal SMK Kesehatan Mandala Bhakti Surakarta Tahun 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi - K4616023 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Waluyo M.Or
2. Drs. Budhi Setyawan M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.