Penulis Utama : Rosita Ambarsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7408146
Tahun : 2012
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe True Or False untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas X7 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2011 /2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Prodi Pendidikan Ekonomi - K7408146 - 2012
Subyek : MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF, JIGSAW, TRUE OR FALSE, HASIL BELAJAR.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk rneningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X7 SMA Negeri 2 Surakarta, dengan menerapkan model pembelajaran kooperatiftipe Jigsaw dan tipe True or False.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus.  Masing-masing siklus terdiri atas tahap-tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Surakarta. Data yang diperoleh dalam penelitian ini bersumber dari guru dan siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data digunakan uji validitas instrurnen untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Analisis data digunakan teknik analisis komparasi untuk membandingkan data hasil belajar sebelum dilaksanakan tindakan, pelaksanaan tindakan siklus I dan pelaksanaan tindakan siklus II.

Hasil penelitian ditunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe True or False dapat meningkatkan hasil belajar siswa melalui serangkaian kegiatan membaca, diskusi kelompok ahli Jigsaw, laporan tirn Jigsaw, diskusi kelompok True or False dan presentasi. Serangkaian kegiatan tersebut mampu mendorong siswa untuk terlibat secara langsung dalam materi pelajaran, menimbulkan kerjasama antarsiswa di dalam kelompok untuk mempelajari dan menyerap materi yang diajarkan secara mandiri, menimbulkan kerjasama antarsiswa untuk memecahkan permasalaha yang diberikan oleh guru, sehingga pada akhimya dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa. Sebelum dilaksanakan tindakan diperoleh rata-rata ulangan harian siswa sebesar 65,55 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 24,14%  (7 siswa) dan siswa yang tidak tuntas sebesar 75,86% (22 siswa). Setelah dilaksanakan tindakan siklus I diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar siswa menjadi 76,93 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 89,66% (26 siswa) dan siswa yang tidak tuntas 10,34% (3 siswa). Setelah dilaksanakan tindakan siklus II diperoleh peningkatan rata-rata hasil belajar menjadi 80,41 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 96,55% (28 siswa) dan siswa yang tidak tuntas 3,55 (1  siswa).

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  dan tipe True or False dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi siswa di kelas X7 SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2011 I 2012.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, Jigsaw, True or False, hasil belajar.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Sutarno Joyoatmojo, M.Pd.,
2. Dra. Mintasih Indriayu, M.Pd.,
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP