Penulis Utama : Arif Rahmanto
NIM / NIP : K8409008
×

Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan  pendapatan pedagang di Obyek Wisata  Sondokoro. (2) l lntuk mengetahui  upaya meningkarkan kehidupan sosial ekonomi pedagang cii Obyek Wisata Sondokoro, (3) Untuk mengetahui dampak sosial ekonomi masyarakat dengan adanya Obyek Wisata Sondokoro.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. leknik pengambilan cuplikan menggunakan teknik purposive sampling dengan snowball sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung. Untuk mengu):, validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif yakni tahap reduksi data. penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya pedagang dalam meningkatkan pendapatan di Obyek Wisata Sondokoro pola  interaksi sosial  para pedagang  menghasilkan  pola asosiatif yaitu berupa kerjasama ekonomi meliputi kerjasama dalam perdagangan, kerjasama di bidang sosial dalam wujud sating tolong-rnenolong dan saling  membantu antara sesama pedagang. kerjasama ini juga berlanjut dalam kehidupan sehari-hari para pedagang. (2) Keberadaan Obyek Wisata Sondokoro dalam kehidupan masyarakat di sekitar lokasi disambut dengan postif dan terbuka. Kerukunan sosial yang  terbentuk dan  terjalin di dalam, masyarakat juga berlangsung damai dan kondusif. lni disebabkan masyarakat yang bersikap ataupun dalam tindakan sangat mempertimbangkan  tujuan  yang direncanakan demi kesejahtaeraan dan kemakmuran masyarakat di  sekitar Obyek Wisata Sondokoro. (3) Dampak adanya Obyek  Wisata Sondokoro ini  terhadap kehidupan sosial  ekonomi masyarakat sekitar yang menunjang akan  kesejahteraan hidup yang didapat dari bekerja ataupun berdagang di lokasi Obyek Wisata Sondokoro hal ini berdampak positif bagi kehidupan ekonomi, dapat memberikan peluang usaha dalam pekerjaan dan pada akhinya mampu meningkatkan penghasilan dan mendatangkan kesejahteraan.
Simpulan penelitian ini adalah adanya pola interaksi sosial yang terbangun antara  para pedagang mampu meningkatkan pendapatan di obyek wisata Sondokoro. Paguyuban yang berbentuk kegiatan arisan secara rutin antar sesama pedagang, memberi kontribusi  yang positif, disini pedagang bisa bertukar pendapat dalarn hal peningkatan kualitas barang dagangan, hal ini membuktikan pentingnya paguyuban yang  membawahi para pedagang, Dampak adanya Obyek Wisata Sondokoro dimanfaatkan pedagang untuk membuka usaha seluas-luasnya untuk menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dapat mengurangi pengangguran di sekitar lokasi obyek wisata Sondokoro.

 

×
Penulis Utama : Arif Rahmanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8409008
Tahun : 2013
Judul : Pengembangan Pariwisata di Obyek Wisata Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi - K8409008 - 2013
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Zaini Rohmad. M.Pd
2. Drs. Supamo, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.