Penulis Utama : Nofi Ludiyati
NIM / NIP : X7210097
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Penggunaan media pancagram dalam peningkatkan pembelajaran bangun  datar siswa kelas III SON 3 Demangsari Tahun Ajaran 2011/2012, (2) kendala  dan solusi  penggunaan media pancagram  dalam peningkatkan pembelajaran bangun datar siswa kelas III SON 3 Demangsari Tahun Ajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan selama tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek   penelitian adalah siswa kelas III SON 3 Demangsari tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 23 siswa dengan perincian 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilak:sanakan selama empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, teman sejawat dan dokumen. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data kuantitatif yang digunakan yaitu tes hasil belajar, sedangkan teknik pengumpulan data kualitatif yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Dalam memvalidasi hasil penelitian, digunakan triangulasi data antara  peneliti, observer dan siswa.
Berdasarkan basil penelitian  dapat disimpulkan: (1) Penggunaan media pancagram dapat meningkatkan pembelajaran bangun datar siswa kelas Ill SDN 3 Demangsari Tahun Ajaran 2011/2012 yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil pembelajaran dari pretest sampai siklus III sesuai dengan indikator kerja yang telah ditetapkan, (2) kendala yang muncul selama penelitian adalah: siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, keaktifan siswa  didominasi dengan bermain dengan alat peraga. Adapun solusi dari masalah tersebut adalah: memancing perhatian siswa dengan pertanyaan, guru lebih menekankan penggunaan pertanyaan pancingan dengan membuat perumpamaan, guru memberikan tugas• tugas untuk lebih mengaktifkan siswa.

 

×
Penulis Utama : Nofi Ludiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X7210097
Tahun : 2012
Judul : Penggunaan Media Pancagram Dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri 3 Demangsari
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2012
Program Studi : S-1 PGSD Kebumen
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. KIP, Jur. PGSD - X7210097 - 2012
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyudi, M. Pd.
2. Drs. H. Setyo Budi, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.