Penulis Utama : Desy Puspa Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S961702003
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Kadar Nitric Oxide dan Hba1c Terhadap Massa Otot pada Lanjut Usia Dengan Diabetes Melitus
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi PPDS I Ilmu Penyakit Dalam - S961702003 - 2021
Subyek : NITRIC OXIDE, HBA1C, MASSA OTOT, LANJUT USIA, DM
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Latar Belakang. Prevalensi Diabetes Mellitus yang semakin meningkat pada usia lanjut juga diikuti dengan peningkatan kejadian sarkopenia, salah satunya penurunan massa otot. Hiperglikemia dan penurunan kadar NO pada usia lanjut akan mempengaruhi degradasi dan regenerasi otot rangka sehingga mempengaruhi massa otot.


Tujuan Penelitian. Untuk mengetahui pengaruh kadar Nitric Oxide dan HbA1c
terhadap massa otot pada lanjut usia dengan Diabetes Mellitus.


Metode Penelitian. Desain penelitian cross sectional,dengan sampel 30 lanjut usia dengan Diabetes Mellitus yang kontrol ke Poliklinik Geriatri. Pada subjek dilakukan pemeriksaan serum NO dan serum HbA1c dan pengukuran massa otot dengan DXA. Uji statistik menggunakan SPSS 22 dengan uji Shapiro Wilk untuk normalitas data dan analisis korelasi serta regresi linier berganda dengan nilai signifikansi pada p ?
0,05.


Hasil Penelitian Didapatkan IMT subjek berkisar dari normal hingga obesitas, dengan rata-rata hand grip strength yang rendah dan hasil TUG Test yang cukup normal dan uji normalitas pada seluruh subjek menunjukkan sebaran data normal. Kadar NO berpengaruh positif dan signifikan terhadap Massa Otot dengan derajat signifikansi sebesar 5 persen (p=0,003). HbA1c berpengaruh negative dan signifikan terhadap Massa Otot dengan derajat signifikansi sebesar 5 persen (p=0,04). Hasil uji korelasi berganda menunjukkan bahwa NO dan HbA1c secara Bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Massa Otot dengan derajat signifikansi sebesar 5 persen (p=0,001)


Kesimpulan. Kadar NO terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap massa otot dan kadar HbA1c terbukti memiliki pengaruh negatif terhadap massa otot pada lanjut usia dengan DM, sehingga kadar Nitric Oxide dan HbA1c secara bersama-sama berpengaruh terhadap massa otot dan merupakan sebagian dari faktor prediktor massa otot, terutama pada lanjut usia dengan DM.


Kata Kunci: Nitric Oxide, HbA1c, massa otot, lanjut usia, DM

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Fatichati Budiningsih, Sp.PD-K.Ger, FINASIM
2. DR. dr. Agung Susanto, Sp.PD-K.GH, FINASIM
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana