Penulis Utama : Annisaa Chahya Sadmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5110004
Tahun : 2014
Judul : Studi Komparasi Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif dan Kompetitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika bagi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika di Kelas IV SDN Pajang 1 surakarta Tahun Ajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Prodi Pendidikan Luar Biasa - K5110004 - 2014
Subyek : PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF, PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOMPETITIF, PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA, SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keefektifan pendekatan pembelajaran kooperatif dan kompetitif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain the treatment by subject design. Subjek dalam peneJitian ini adalah siswa berkesulitan belajar matematika kelas IV SDN Pajang 1 Surakarta sebanyak 12 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh.

Teknik pengumpulan data menggunakan test, yang terdiri dari pretest dan posttest. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired sample I-test untuk melihat model pendekatan pembelajaran mana yang lebih efektif. Hasil  analisis data diperoleh hitung = 13.3840 berada diatas batas sign Wkansi atas dasar Asymp.Sig (2-tailed) = 0,000 dengan taraf signifikasi (a) 5?alah 13.3840 atau hitung 13.3840> t1a1>e1 2,178, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hipotesis  yang menyatakan ada perbedaan signifikan keefektifan pendekatan pembelajaran kooperatif dan   kompetitif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi siswa berkesulitan belajar matematika di kelas IV SDN PAJANG 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 dapat dibuktikan kebenarannya.

Kesimpulan basil penelitian ini adalah ada perbedaan keefektifan pendekatan pembelajaran kooperatif dan kompetitif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika bagi siswa berkesulitan belajar matematika di kelas IV SDN PAJANG I Surakarta tahun ajaran 2013/2014.

Kata kunci = pendekatan pembelajaran kooperatif, pendekatan pembelajaran kompetitif, pemahaman konsep matematika, siswa berkesulitan belajar matematika.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Munawir Yusuf, M.Psi
2. Drs. Maryadi, M.Ag
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP