Penulis Utama : Endang Samias
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X8110014
Tahun : 2013
Judul : Penerapan Model Contextual Teaching and Learning pada Bidang Pengembangan Motorik Halus Anak Kelompok B TK Al-Fajru Colomadu Tahun Ajaran 2011/ 2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2013
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP, Jur. Pendidikan Guru PAUD - X8110014 - 2013
Subyek : MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTI), MOTORIK HALUS.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah meningkatkan kemampuan dasar, khususnya pada bidang pengembangan motorik halus dengan menerapankan mode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada anak kelompok B TK Al- Fajru Colornadu tahun ajaran 2011/2012.

Bentuk penelitian dalam skripsi ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang tediri dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Al- Fajru Colomadu Tahun 2012 dengan jumlah 18  anak. Penelitian ini terdiri dari 2  siklus yaitu siklus I dan siklus II.

Pengumpulan data menggunakan metode yang meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Dalam proses analisis data menggunakan model analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi,

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan bidang pengembangan motorik halus melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada anak kelompok B TK Al-Fajru Colomadu tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut dapat dibuktikan dari basil  belajar dan ketuntasan anak yang meningkat, dengan adanya peningkatan persentase hasil belajar yang diperoleh   anak kelompok B TK Al-Fajru Colomadu dari saat keadaan awal sampai kondisi akhir. Pada siklus I dari 18 anak sebanyak 14 anak atau 77 ;89% mencapai nilai tuntas ( • ). Pada siklus II dari 18 anak sebanyak 16 atau 88,90% mencapai nilai tuntas ( • ), sesuai dengan indikator yang ditargetken oleh peneliti sebesar  80%.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan bidang pengembangan motorik halus pada anak kelompok B TK Al- Fajru Colomadu tahun ajaran 2011/2012. Peningkatan tersebut didukung adanya komponen-komponen pembelajaran CTL, yaitu konstruktivisme, modeling. inqury, question, learning community. authentic assessment, dan reflection.

Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTI), motorik  halus.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hartono. M.Hum
2. Ru1i Hafidah, S.Pd., M.Hum.,
Catatan Umum : validasi bambang
Fakultas : Fak. KIP