Penulis Utama : Ponty Sya’banto Putra Hutama
NIM / NIP : T401208010
×

Faktor-faktor perilaku pada penelitian perpajakan masih menimbulkan theory-gap dan research-gap, khususnya pada teori keadilan dan teori perbandingan sosial. Namun penelitian dengan topik ini masih jarang dilakukan di Indonesia. Penelitian ini menguji beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku wajib pajak. Faktor-fakor perilaku tersebut antara lain adalah prinsip moral yang dianut wajib pajak, penghasilan wajib pajak, dan perilaku etis wajib pajak yang diduga mempengaruhi kecenderungan penghindaran pajak dari wajib pajak.
Beberapa faktor perilaku tersebut juga diduga mempengaruhi preferensi wajib pajak dalam memilih untuk mengikuti atau tidak mengikuti program amnesti pajak di Indonesia. Penelitian menggunakan desain eksperimental 2x4 dan pengujian hipotesis dengan Two-Way Anova dan Regresi Logistik. Partisipan dibagi ke dalam dua kelompok secara random, yaitu kelompok yang mendapat treatment dan kelompok yang tidak mendapat treatment. Treatment yang diberikan berupa kasus pajak yang cukup menonjol terjadi di Indonesia. Treatment ini menjadikan partisipan eksperimen terbagi menjadi dua kelompok yang mengetahui dan tidak mengetahui informasi tentang penggelapan pajak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan wajib pajak tentang informasi penggelapan pajak, prinsip moral, dan penghasilan wajib pajak mempengaruhi kecenderungan wajib pajak untuk menghindari pajak, sedangkan persepsi etis wajib pajak terhadap penggelapan pajak tidak berpengaruh terhadap kecenderungan penghindaran pajak. Penelitian ini juga membuktikan bahwa prinsip moral wajib pajak, penghasilan, dan persepsi etis wajib pajak terhadap penggelapan pajak mempengaruhi preferensi wajib pajak untuk mengikuti amnesti pajak, sedangkan kecenderungan penghindaran pajak tidak berpengaruh terhadap preferensi wajib pajak untuk mengikuti amnesti pajak.

Kata kunci: Kecenderungan Penghindaran Pajak, Prinsip Moral, Penghasilan Wajib Pajak, Perilaku Etis, Amnesti Pajak.

 

×
Penulis Utama : Ponty Sya’banto Putra Hutama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T401208010
Tahun : 2020
Judul : Kecenderungan Penghindaran Pajak Penghasilan: Faktor Perilaku dan Penghasilan Serta Pengaruhnya Terhadap Preferensi Amnesti Pajak (Studi Eksperimen)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-3 Ilmu Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Ekonomi - T401208010 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak., CA.
2. Dr. Payamta, M.Si., Ak., CA., CPA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.