Penulis Utama : Sudarwati
NIM / NIP : T401608012
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model teoritikal dasar dan model penelitian empirik untuk menjembatani adanya kesenjangan penelitian mengenai kemampuan inovasi produk dengan kekuatan preferensi konsumen. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengalisis pentingnya peran langsung maupun tidak langsung pengaruh penginderaan pasar, aksesibilitas teknologi baru, intelegensi pesaing, kemampuan inovasi produk pada diseminasi keunikan produk guna meningkatkan kekuatan preferensi konsumen dan pada akhirnya mampu meningkatkan kinerja pemasaran.
Populasi Penelitian ini adalah pengusaha industri kecil menengah (IKM) batik di Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel multistage area dan   purposive sampling. Kuesioner didistribusikan kepada 500 pengusaha IKM Batik, namun hanya 472 yang dikembalikan, kemudian yang layak untuk diteliti lebih lanjut sebanyak 458 kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Pengujian peran variabel mediasi menggunakan Sobel Test dan Teknik Bootstrapping, Software PROCESS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) diseminasi keunikan produk mampu berperan sebagai pemediasi bagi kesenjangan hubungan antara kemampuan inovasi produk dengan kekuatan preferensi konsumen, (2) penginderaan pasar berpengaruh positif dan signifikan pada aksesibilitas teknologi baru, kemampuan inovasi produk dan intelegensi pesaing, (3) Aksesibilitas teknologi baru berpengaruh positif dan signifikan pada kemampuan inovasi produk, (4) Intelegensi pesaing tidak  berpengaruh  pada kemampuan  inovasi  produk,  (5) Kemampuan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan pada diseminasi keunikan produk, kekuatan preferensi konsumen dan kinerja pemasaran, (6) Kekuatan preferensi konsumen berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja pemasaran.

Kata Kunci : Kemampuan Inovasi Produk, Kekuatan Preferensi Konsumen, Diseminasi Keunikan Produk, Penginderaan Pasar, Aksesibilitas Teknologi Baru, Intelegensi Pesaing dan Kinerja Pemasaran.

 

×
Penulis Utama : Sudarwati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T401608012
Tahun : 2020
Judul : Diseminasi Keunikan Produk: Solusi Peningkatan Kekuatan Preferensi Konsumen (Studi Empirik pada Industri Batik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-3 Ilmu Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Ekonomi - T401608012 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Wisnu Untoro, MS
2. Dr. Ahmad Ikhwan Setiawan, S.E, M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.