Penulis Utama : Suwarno
NIM / NIP : T401608017
×

Riset ini menguji pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibity (CSR) terhadap nilai perusahaan, dan mediasi manajemen laba akrual dan manipulasi laba riil dalam mepengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibity (CSR) terhadap nilai perusahaan pertambangan di Indonesia.
Sampel terdiri dari PT. Chevron Pasific Indonesia (CPI) dan perusahaan pertambangan yang go public tahun 2009-2017.Perusahaan pertambangan dipilih karena berkaitan dengan CSR yang mempunyai dampak pada sustainability perusahaan yang semakin terbatas. Jumlah sampel selama 9 tahun adalah 309 observasi. Nilai  perusahaan  diukur menggunakan  Price Book Value (PBV). Pengungkapan CSR diukur menggunakan GRI G4 (Global Reporting Initiatives). Manajemen laba akrual diukur menggunakan proksi Discretionary Accruals (DA). Manipulasi laba riil diukur menggunakan model Roychowdhury (2006) dengan mengestimasi tindakan manipulasi laba riil melalui manipulasi penjualan,  pengurangan  biaya  diskresioner  dan  produksi  yang  berlebihan . Variabel kontrol terdiri dari ukuran perusahaan (SIZE), leverage, profitabilitas (ROA).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dan pengungkapan CSR terhadap manajemen laba akrual dan manipulasi laba riil  berpengaruh positif, sedangkan manajemen laba akrual dan manipulasi laba riil berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan,  manajemen  laba  akrual  dapat  memediasi  pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan sebaliknya manipulasi laba riil tidak  memediasi  pengaruh  pengungkapan  CSR  terhadap  nilai  perusahaan. Riset ini membuktikan bahwa  perusahaan sektor pertambangan melakukan manajemen laba dengan cara alternatif pengganti (substitution). Hal ini dibuktikan dengan kedua pendekatan yang dilakukan dengan manajemen laba akrual dan manipulasi laba riil hanya satu yang memediasi pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan yaitu manajemen laba akrual.

Kata kunci: Nilai perusahaan, pengungkapan CSR, manajemen laba akrual dan manipulasi laba riil.

 

×
Penulis Utama : Suwarno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T401608017
Tahun : 2020
Judul : Manajemen Laba Akrual dan Manipulasi Laba Riil Sebagai Mediasi Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan di Indonesia: Sequential Explanatory Design (SED)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-3 Ilmu Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Ekonomi - T401608017 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Rahmawati, M.Si., Ak., CA.
2. Dr. Djuminah, M.Si, CSRA.,Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.