Penulis Utama : Sarwastuti Hendradewi
NIM / NIP : T501308009
×

Latar Belakang : Rinosinusitis akut adalah penyakit pernafasan dengan prevalensi tinggi, merupakan salah satu alasan paling umum pasien untuk berkonsultasi dengan dokter. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan masalah fisik seperti hidung tersumbat, produksi lendir berlebihan dan kehilangan penciuman, tetapi juga berdampak pada psikologis dan sosial ekonomi sehari-hari karena menurunkan produktivitas yang akhirnya menurunkan kualitas hidup penderitanya. Disamping terapi baku rinosinusitis akut dipandang perlu untuk pemberian terapi suplementatif untuk mengendalikan respon inflammasi diantaranya dengan ekstrak etanol isolat propolis.
Metode : Penelitian ini memakai rancangan eksperimental post test control group design dengan sampel sebanyak 40 ekor tikus jantan (Rattus norvegiccus) yang dibagi menjadi 5 kelompok perlakuan yaitu kelompok P1 (kontrol), kelompok P2 (model mencit rinosnusitis akut) kelompok P3 (model mencit rinosinusitis akut + Amoksillin 200mg/kg BB), kelompok P4 (model mencit rinosinusitis acut + Propolis 100mg/BB) dan kelompok 5 (model mencit rinosinusitis akut + Propolis 200g/BB). Sampel pada awalnya diadaptasikan selama 7 hari di laboratorium dan diberi pakan standart. Pada hari ke 8 diinduksikan dengan Escherichia Coli intranasal kanan dan kiri serta intraperitoneal masing-masing 0,1 ml dengan konsentrasi 3 x 109 Colony forming units (CFU)/selama 28 hari. Hari ke 29 sampai dengan hari ke 43 kelompok 3,4,5 diberi perlakuan dengan memberikan Amoksilin 200mg/kgBB dan ekstrak etanol isolat Propolis Gunung Lawu dosis 100mg/kg BB dan 200mg/kg BB. Hari ke 43 model mencit rinosinusitis akut dimatikan, langkah selanjutnya pengukuran kadar Malondialdehid, ekspresi caspase-1, IL-8, E-selektin dan gambaran histopatologi (infiltrasi neutrofil) pada kelompok kontrol dan kelompok induksi.
Hasil : Penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol isolat propolis Gunung Lawu 200mg/kgBB menurunkan secara signifikan  Malondialdehid (p<0>Kesimpulan : Ekstrak etanol isolat propolis Gunung Lawu menurunkan kadar MDA, ekspresi caspase-1, E-selektin, gambaran histopatologi (infiltrasi neutrofil)    sehingga Ekstrak etanol isolat Propolis Gunung Lawu berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan pada mencit model rinosinusitis akut

Kata kunci : Rinosinusitis Akut, Propolis, Malondialdehid, Caspase-1, IL-8, Neutrofil

 

×
Penulis Utama : Sarwastuti Hendradewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T501308009
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Isolat Propolis Terhadap Penatalaksanaan Rinosinusitis pada Model Mencit Rinosinusitis Akut (Kajian Molekuler Malondialdehid, ekspresi Caspase-1, Interleukin-8, E-Selektin dan gambaran Histopatologi mukosa sinusparanasal)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-3 Ilmu Kedokteran
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Kedokteran - T501308009 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Bambang Purwanto, dr., Sp.PD-KGH, FINASIM
2. Paramasari Dirgahayu, dr., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.