Penulis Utama : Septiana Agustin
NIM / NIP : T8116080005
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan video dongeng virtual berbasis  nilai-nilai  Serat Wulang Reh  sebagai  media  pembelajaran  di  sekolah  dasar, mengembangkan  video  dongeng  virtual  berbasis  nilai-nilai  Serat  Wulang  Reh,  dan menguji keefektifan video dongeng virtual berbasis nilai-nilai Serat Wulang Reh sebagai media  pembelajaran  dalam  membentuk  karakter  siswa.  Produk  yang  dikembangkan adalah dongeng virtual yang dikemas dalam bentuk video dan berbasis nilai-nilai Serat Wulang Reh. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan dalam pembuatan dongeng virtual adalah nilai afektif, yang mencakup nilai sikap spiritual dan sosial. Sikap spriritual mengandung   unsur   religius,   sedangkan   sikap   sosial   mengandung   unsur   mandiri, nasionalis, gotong royong, dan integritas.
Metode penelitian ini dirancang dengan pendekatan Research and Development, yaitu: (1) tahap pendahuluan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap pengujian. Tahap pendahuluan bertujuan untuk mengetahui ketersediaan video dongeng virtual berbasis nilai-nilai Serat Wulang Reh di sekolah dasar. Tahap pengembangan bertujuan untuk mengembangkan video dongeng virtual berbasis nilai-nilai Serat Wulang Reh. Tahap pengujian bertujuan untuk menguji keefektifan video dongeng virtual berbasis nilai-nilai Serat Wulang Reh sebagai media pembelajaran di sekolah dasar.
Hasil penelitian pertama, menghasilkan temuan bahwa video dongeng virtual berbasis  nilai-nilai  Serat  Wulang  Reh  sebagai  media  pembelajaran  belum  ada  di
perpustakaan sekolah dasar. Hasil penelitian kedua adalah tahapan pengembangan video
dongeng virtual berbasis nilai-nilai Serat Wulang Reh, antara lain: praproduksi, produksi, dan pasca produksi. Hasil penelitian ketiga menyatakan bahwa video dongeng virtual berbasis  nilai-nilai  Serat Wulang Reh  efektif  digunakan  sebagai media  pembelajaran dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar.
Penelitian ini menghasilkan video yang dilengkapi dengan buku panduan sebagai petunjuk guru dalam kegiatan pembelajaran Tembang Jawa. Perubahan karakter siswa
nampak setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan video dongeng virtual
berbasis  nilai-nilai  Serat  Wulang  Reh.  Hal  itu  dibuktikan  dengan  adanya  hasil pengamatan dan catatan perilaku siswa di sekolah. Video dongeng virtual berbasis nilai- nilai Serat Wulang Reh tidak hanya berdampak pada pengembangan kognitif, namun juga pada ranah afektif siswa dalam kurun waktu tertentu.

Kata kunci: Video, Dongeng Virtual, Media Pembelajaran, Karakter, Wulang Reh

 

×
Penulis Utama : Septiana Agustin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T8116080005
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Video Dongeng Virtual Berbasis Nilai-Nilai Serat Wulang Reh
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-3 Ilmu Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Pendidikan - T8116080005 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
2. Dra. Dewi Rochsantiningsih, M.Ed., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.