Penulis Utama : Yusuf Panjiantariksa
NIM / NIP : A121808041
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : Faktor biomotor (daya ledak otot tungkai,fleksibelitas lutut , kekuatan otot perut) berkontribusi untuk menentukan kemampuan tendangan depan pencak silat dan Faktor psikomotor (keseimbangan dan kelincahan) berkontribusi untuk menentukan kemampuan tendangan depan pencak silat.

Penelitian ini kuantitatif dan menggunakan desain analisa faktor konfirmatori. Pengumpulan  data  yang  diproses  dan  dianalisia  menggunakan  aplikasi  berbasis computer   Statistik SPSS (Statistik Produk dan Solusi Layanan) Versi 23 dan menggunakan uji coba Kaiser-Meyer-Olkin dan Uji Bartlett. Populasi dalam penelitian berjumlah 22 mahasiswa atlet pembinaan prestasi Pencak Silat UKM PSHT UNS Surakarta. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran.

Hasil penelitian sebagai berikut: faktor biomotor dan psikomotor yang berkontribusi menentukan kemampuan tendangan depan pencak silat. Faktor biomotor berkontribusi untuk menentukan kemampuan tendangan depan pencak silat. Adapun kontribusinya: power otot tungkai (85,2 %) , fleksibelitas lutut (27,5 % ) dan kekuatan otot perut   (56 %). Faktor psikomotor berkontribusi untuk menentukan kemampuan tendangan depan pencak silat. Adapun kontribusinya: keseimbangan (83%)   dan kelincahan  (70%).

Kata Kunci: Pencak Silat,  Biomotor,  Psikomotor, tendangan depan

 

×
Penulis Utama : Yusuf Panjiantariksa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121808041
Tahun : 2021
Judul : Analisis Faktor Penentu Kemampuan Tendangan Depan Pencak Silat yang Dipengaruhi Oleh Faktor Biomotor dan Psikomotor
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Keolahragaan - A121808041 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muchsin Doewes, dr, SU., AIFO, MARS
2. Drs. Tri Aprilijanto U, M.Kes, Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.