Penulis Utama : Anisa Andriani
NIM / NIP : S021802005
×

Latar Belakang: Kepatuhan pasien dapat dipengaruhi dalam beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepatuhan melakukan perawatan hemodialisis. Kepatuhan sangat diperlakukan dalam menjalani hemodialisis agar mencapai keberhasilaan dalam perawatan hemodialisis (HD). Kepatuhan merupakan salah satu perilaku dari seseorang dalam mencapai keberhasilan perawatan HD. Keberhasilan suatu perawatan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satu faktornya adalah dalam penggunaan HD. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh faktor kepatuhan penggunaan hemodialisis.
Subjek dan Metode: Metode penelitian ini menggunakan studi analitik observasional, dengan menggunakan pendekatan cross – sectional pada bulan Januari 2020. Sampel yang digunakan sebesar 120 pasien gagal ginjal kronis yang melakukan hemodialisis di RSUD Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Variabel dependen adalah kepatuhan penggunaan hemodialisis. Variabel independen adalah: pengetahuan, lama perawatan, pendapatan keluarga. Data dikumpulkan dengan kuesioner, Analisis data menggunakan path analysis dengan Stata 13.
Hasil: Penggunaan HD pada pasien gagal ginjal kronis memiliki hubungan yang positif dengan pengetahuan HD yang tinggi (b=1.22; CI 95%= 2.21 hingga -3.98; p=0.027), lama perawatan (b=2.09; CI 95%= 4.29 hingga 3.05; p= <0 xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Penggunaan HD pada pasien gagal ginjal kronis memiliki hubungan langsung dengan pengetahuan tentang HD dan lama perawatan. Dan tidak memiliki hubungan langsung dengan pendapatan keluarga. Penggunaan HD pada pasien gagal ginjal kronis dipengaruhi secara tidak langsung oleh pendapatan keluarga, lama perawatan.
 
Kata kunci: kepatuhan HD, PBI dan Bukan PBI, penggunaan Hemodialisis.

 

×
Penulis Utama : Anisa Andriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021802005
Tahun : 2021
Judul : Analisis Faktor - Faktor Kepatuhan Penggunaan Hemodialisis pada Pasien Gagal Ginjal Kronis Peserta PBI dan Bukan PBI di RSUD Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat - S021802005 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Didik Tamtomo, dr., M.Kes., MM., PAK, Sp.DLP
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., MSc., PhD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.