Penulis Utama : Dewi Astuti
NIM / NIP : S031808012
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) membandingkan efektivitas peningkatan penguasaan konsep antara pendekatan ICI dengan media video dan gambar; 2) membandingkan efektivitas peningkatan penguasaan konsep antara pendekatan ICI dengan aktitivitas tinggi dan rendah; 3) membandingkan efektivitas peningkatan penguasaan konsep antara pendekatan ICI dengan gaya visual dan auditorial; 4) membandingkan efektivitas peningkatan penguasaan konsep antara pendekatan ICI di tiap-tiap media dan aktivitas belajar; 5) membandingkan efektivitas peningkatan penguasaan konsep antara pendekatan ICI di tiap-tiap media dan gaya belajar; 6) membandingkan efektivitas peningkatan penguasaan konsep antara pendekatan ICI di tiap-tiap gaya belajar dan aktivitas belajar; 7) membandingkan efektivitas peningkatan penguasaan konsep antara pendekatan ICI di tiap-tiap media, gaya belajar, dan aktivitas belajar.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment. Populasi penelitian ini adalah 39 Sekolah Dasar di Kecamatan Laweyan Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari 8 sekolah dasar dengan jumlah 236 siswa kelas 4 SD Negeri di Kecamatan Laweyan, Surakarta. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan metode tes untuk hasil penguasaan konsep, angket untuk gaya belajar, dan lembar pengamatan aktivitas belajar yang diisi oleh observer. Hipotesis diuji menggunakan ANAVA dengan desain faktorial 2x2x2 sel tak sama dengan bantuan software SPSS versi 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pendekatan ICI dengan media video lebih efektif meningkatkan penguasaan konsep daripada pendekatan ICI dengan media gambar; (2) tidak ada perbedaan efektivitas peningkatan penguasaan konsep antara pendekatan ICI dengan aktivitas tinggi dan aktivitas rendah; (3) tidak ada perbedaan efektivitas peningkatan penguasaan konsep antara pendekatan ICI dengan gaya visual dan gaya auditorial; (4) tidak ada perbedaan efektivitas peningkatan penguasaan konsep antara pendekatan ICI di tiap-tiap media pembelajaran dan aktivitas belajar; (5) penerapan pendekatan ICI dengan media video dan gaya belajar auditorial lebih efektif meningkatkan penguasaan konsep daripada penerapan pendekatan ICI dengan media dan gaya belajar lainnya; (6) tidak ada perbedaan efektivitas peningkatan penguasaan konsep antara pendekatan ICI di tiap-tiap gaya belajar dan aktivitas belajar; (7) penerapan pendekatan ICI dengan media video dan gaya belajar auditorial serta aktivitas tinggi lebih meningkatkan penguasaan konsep daripada penerapan pendekatan ICI dengan media, gaya, dan aktivitas  belajar lainnya.

Kata kunci: pendekatan ICI, penguasaan konsep, media pembelajaran, gaya belajar, dan aktivitas belajar

 

×
Penulis Utama : Dewi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031808012
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Ditinjau dari Aktivitas Belajar dan Gaya Belajar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S031808012 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.
2. Dr. Chumdari, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.