Penulis Utama : Arif Ady Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S151708016
Tahun : 2021
Judul : Penguatan Civic Engagement Melalui Komunitas Media Sosial Facebook “Info Cegatan Klaten (ICK)”
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S151708016 - 2021
Subyek : MEDIA SOSIAL, FACEBOOK, KOMUNITAS VIRTUAL, CIVIC ENGAGEMENT
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui sejauh mana Komunitas media sosial Facebook Info Cegatan Klaten (ICK) dapat memperkuat civic engagement; 2) Untuk mengetahui dampak penguatan civic engagement yang dilakukan oleh Komunitas media sosial Facebook Info Cegatan Klaten (ICK); 3) Untuk mengetahui kendala-kendala dalam penguatan civic engagement yang dilakukan oleh Komunitas media sosial Facebook Info Cegatan Klaten (ICK).
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada 6 informan, observasi serta studi dokumen. Guna memperoleh validitas data digunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian melalui tahap persiapan, pengumpulan data, analisis data, dan penyusunan laporan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Proses penguatan civic engagement oleh Komunitas ICK dilakukan dengan cara menghubungkan individu dengan individu dalam masyarakat, untuk berbagi kepentingan bersama dan bekerja untuk kebaikan bersama. Proses penguatan dilakukan melalui online media sosial Facebook, yang dikoneksikan kepada seluruh member virtual dan selanjutnya diwujudkan dalam berbagai macam kegiatan sosial di dunia nyata. Kegiatan Komunitas ICK sesuai dengan karakteristik civic engagement menurut gagasan dari Coalition for Civic Engagement and Leadership sebagai berikut: a. Menggunakan Facebook untuk proses belajar dan berbagi isu-isu sosial; b. Mengedepankan sikap saling menghargai; c. Berusaha mengatasi permasalahan publik, dengan memberikan solusi yang terbaik; d. Mengampanyekan untuk taat berlalu lintas dan menangkal informasi hoax; e. Berperan nyata dalam menanggulangi permasalahan publik secara sukarela; f. Memiliki struktur kepengurusan Komunitas; g. Senantiasa menumbuhkan empati, etika, nilai, serta bertangung jawab; h. Membantu siapapun tanpa ada diskriminasi. 2) Dampak dari adanya penguatan keterlibatan warga negara yang dilakukan Komunitas ICK antara lain: a. Meningkatnya rasa peduli sosial member; b. Adanya kepercayaan dari masyarakat; c. Pengamalan nilai-nilai Pancasila, d. Berkurangnya permasalahan pada masyarakat. 3) Kendala dalam proses penguatan civic engagement yang dilakukan oleh Komunitas ICK antara lain: a. Fluktuasi motivasi; b. Adanya konflik kepentingan, c. Terkendala jadwal kegiatan.

Kata Kunci: Media Sosial, Facebook, Komunitas Virtual, Civic Engagement

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.
2. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana