Penulis Utama : Hanif Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121608023
Tahun : 2020
Judul : Olahraga Futsal Outdoor di Kabupaten Sragen : Studi Fenomenologis Masyarakat Bermain Futsal di Lapangan Tanah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana- Program Studi Ilmu Keolahragaan - A121608023 - 2020
Subyek : OALHRAGA - FUTSAL
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  :  1)  fenomena  masyarakat bermain futsal lapangan tanah di Kabupaten Sragen. 2)   motif dan motivasi masyarakat dalam bermain futsal lapangan tanah di Kabupaten Sragen. 3) cara penyelenggaraan futsal lapangan tanah di Kabupaten Sragen. 4) manfaat yang diperoleh dari  fenomena futsal lapangan tanah  bagi masyarakat di Kabupaten Sragen. 5) nilai-nilai yang terkandung dalam aktivitas masyarakat bermain futsal lapangan tanah  di Kabupaten Sragen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik  pengumpulan  data  menggunkan  metode  yaitu  observasi,  wawancara (dibagi kedalam tiga kategori yaitu pemain / pelaku olahraga, penonton dan pelaksana kegiatan olahraga futsal lapangan tanah) dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Fenomena masyarakat bermain futsal outdoor di Kabupaten Sragen dianggap hal yang sudah lama ada karena bentuk permainan olahraga futsal outdoor hampir sama dengan permainan tradisional yang disebut cetukan. Selain itu munculnya olahraga futsal outdoor juga menjadi alternatif pilihan masyarakat, respon masyarakat untuk menerima olahraga ini juga sangat baik. 2) Motif masyarkat untuk melakukan olahraga futsal lapangan tanah adalah ingin mencoba olahraga futsal lapangan tanah dan mengisi waktu luang. Motivasi masyarakat untuk melakukan futsal lapangan tanah adalah untuk melepas penat, mendapatkan kebugaran dan berkumpul bersama teman. 3) Masyarakat banyak yang memanfaatkan tanah terbuka yang telah ada, bahkan juga tidak segan untuk menyulap   tanah   pekarangan   menjadi   lapangan   futsal   lapangan   tanah.   4) Masyarakat yang bermain futsal lapangan tanah mendapatkan manfaat badan yang fresh, merileksasikan pikiran. 5) nilai-nilai yang terkandung di dalam bermain futsal lapangan tanah diantaranya nilai sportivitas, nilai kerjasama, nilai kekompakkan, nilai disiplin, nilai komunikasi dan nilai menghormati orang lain.

Kata  Kunci : Futsal  Lapangan Tanah,   Fenomena Masyarakat, Aktifitas
Olahraga

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file dalam dokumen ini.
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Muchsin Doewes,dr.,SU.,AIFO.,MARS
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana