Penulis Utama : Dwi Novita Sari
NIM / NIP : S851702010
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pemahaman konsep siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak; 2) mengetahui pemahaman konsep siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak; 3) mengetahui pemahaman konsep siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian terdiri atas 6 siswa dari kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Pabelan. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dilanjutkan dengan snowball sampling. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes kecerdasan logis matematis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan dengan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan teknik analisis data Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pemahaman konsep siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak berada pada kategori memahami; 2) pemahaman konsep siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis sedang pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak berada pada kategori memahami (sebagian); 3) pemahaman konsep siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis rendah pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak berada pada kategori miskonsepsi dan tidak memahami.

Kata kunci : Pemahaman Konsep, Kecerdasan Logis Matematis, Persamaan Nilai Mutlak, Pertidaksamaan Nilai Mutlak.

 

×
Penulis Utama : Dwi Novita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851702010
Tahun : 2021
Judul : Analisis Pemahaman Konsep pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis Siswa Kelas X
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika - S851702010 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.