Penulis Utama : Hilda Rakerda
NIM / NIP : S891808011
×

Pembelajaran aktif melibatkan siswa dalam melakukan sesuatu dan memikirkan tentang apa yang mereka lakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi praktik pembelajaran aktif menggunakan Web Quest dalam pembelajaran membaca untuk siswa SMA. Penelitian ini mengeksplorasi praktik guru bahasa Inggris dan siswa-siswinya dalam pembelajaran aktif WebQuest di pembelajaran membaca, masalah yang dihadapi guru dan siswa dalam mengimplementasikannya, solusi pemecahannya, efikasi diri siswa dalam menggunakan WebQuest sebagai perangkat pembelajaran dan kemampuan membaca siswa serta kualitas setelah belajar membaca menggunakan WebQuest.
Desain penelitian adalah studi kasus. Partisipan penelitian ini adalah seorang guru bahasa Inggris dan 38 siswa sekolah menengah atas di salah satu sekolah menengah atas di Indonesia. Peneliti melakukan observasi kelas, angket, wawancara, dan analisis dokumen. Analisis tematik digunakan sebagai analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan socially active learningactivities seperti diskusi kelompok kecil dan proyek kelompok kecil dalam pembelajaran membaca melalui WebQuest. Siswa memiliki self-efficacy yang tinggi dalam menggunakan WebQuest sebagai perangkat pembelajaran dan mereka menunjukkan peningkatan yang lebih baik dalam mencari informasi teks secara eksplisit dan implisit, mengetahui makna kontekstual teks, mengetahui topik, mengetahui cara merujuk kata, dan menemukan inti. ide teks.
Hasil belajar tersebut dapat dijadikan sebagai refleksi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang mengarah pada pengembangan pembelajaran siswa. Praktik yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran memberikan berbagai wawasan bagi guru EFL tentang kegiatan aktif seperti diskusi kelompok kecil dan proyek kelompok kecil untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran membaca.

Kata kunci: pembelajaran aktif, WebQuest, pemahaman bacaan

 

×
Penulis Utama : Hilda Rakerda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891808011
Tahun : 2021
Judul : The Practice of Active Learning Using Webquest in Learning Reading For High School students
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris - S891808011 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd
2. Dr. Ngadiso, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.