Penulis Utama : Darajatun Surya Admaja
NIM / NIP : S411808004
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan transformasional pada niat berpindah: peran pemberdayaan struktural dan keterikatan kerja pada perawat di Rumah Sakit Semarang Raya dan Solo Raya. Sampel dalam penelitian ini adalah perawat yang bekerja di Rumah Sakit Semarang Raya dan Solo Raya yang berjumlah 287 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan kuesioner secara online kepada perawat. Skala yang digunakan yaitu skala likert dengan rentang lima pilihan yang digunakan sebagai pengukuran instrumen kuesioner. Data yang telah terkumpul kemudian diuji konsistensi dan kecermatan alat ukurnya melalui uji validitas dan reliabilitas.
Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dan data dianalisis melalui analisa kuantitatif menggunakan teknik analisis Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif pada pemberdayaan struktural dan keterikatan kerja. Berikutnya pemberdayaan struktural berpengaruh positif pada keterikatan kerja, dan menjadi variabel mediasi antara pengaruh positif kepemimpinan transformasional pada keterikatan kerja. Pada penelitian ini juga disimpulkan bahwa, keterikatan kerja berpengaruh negatif pada niat berpindah, dan menjadi mediasi antara pengaruh negatif kepemimpinan transformasional pada niat berpindah.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diajukan saran akademis sebagai berikut: (1) penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan desain longitudinal, (2) menggunakan teknik random sampling, (3) melakukan penelitian di industri yang berbeda seperti manufaktur, dan (4) penelitian berikutnya dapat mempertimbangkan untuk meneliti hasil organisasi yang bersifat positif seperti komitmen organisasi. Diharapkan hal ini dapat meberikan gambaran komprehensif tentang pengaruh kepemimpinan transformasional, pemberdayaan struktural, dan keterikatan kerja terhadap output oganisasi.
Kata kunci: kepemimpinan transformasional, pemberdayaan struktural, keterikatan kerja, niat berpindah.

×
Penulis Utama : Darajatun Surya Admaja
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411808004
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Kepemimpinan Transformasional pada Niat Berpindah: Peran Pemberdayaan Struktural dan Keterikatan Kerja: Studi pada Perawat di Rumah Sakit Semarang Raya dan Solo Raya
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana - Prodi. Manajemen - S411808004 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Joko Suyono, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.