Penulis Utama : Riang Nana Sari
NIM / NIP : S991608011
×

Prestasi belajar ekonomi yang diperoleh peserta didik merupakan hasil dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik bersama guru. Salah satu factor yang berperan penting dalam proses pembelajaran adalah guru. Kompetensi dan motivasi yang dimiliki oleh guru akan berkontribusi pada prestasi belajar yang diperoleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung antara kompetensi guru dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik, serta mengetahui pengaruh tidak langsung antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik melalui motivasi kerja guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode deskriptif, dan jenis penelitian survei. Penelitian ini merupakan studi populasi, dengan jumlah populasi 30 guru Ekonomi SMA Negeri Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara kompetensi guru dan motivasi kerja guru terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik, serta terdapat pengaruh tidak langsung antara kompetensi guru terhadap prestasi belajar ekonomi peserta didik melalui motivasi kerja guru. Hasil penelitian ini hendaknya dapat membantu pihak-pihak terkait dalam upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui peningkatan kompetensi guru dan motivasi kerja guru.


Kata Kunci:  Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Guru, Prestasi Belajar Ekonomi

 

×
Penulis Utama : Riang Nana Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991608011
Tahun : 2020
Judul : Impak Implementasi Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Ekonomi pada Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Kerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Ekonomi - S991608011 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Trisno Martono, M.M.
2. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.