Penulis Utama : Tania Kurnia Candra
NIM / NIP : G0017205
×

Latar Belakang: Pada penyakit ginjal kronis, terjadi ketidakseimbangan elektrolit. Elektrolit memiliki peranan yang penting dalam menjaga homeostasis tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kadar elektrolit (natrium dan kalium) dengan kualitas hidup pasien penyakit ginjal kronis yang menjalani hemodialisis rutin.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik consecutive sampling. Variabel bebas adalah kadar elektrolit (natrium dan kalium), sedangkan variabel terikat adalah kualitas hidup. Data diperoleh dari rekam medis dan kuesioner SF-36. Jumlah sampel yang dianalisis sebanyak 40 sampel. Data yang diperoleh diolah menggunakan IBM SPSS Statistics for Windows dan dianalisis dengan uji pearson, spearman, dan regresi linier berganda.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan tidak ada hubungan yang signifikan antara kadar elektrolit (natrium dan kalium) dengan kualitas hidup (p>0,05).

Simpulan: Tidak ada hubungan antara kadar elektrolit (natrium dan kalium) dengan kualitas hidup pasien penyakit ginjal kronis yang menjalani hemodialisis rutin di RSUD Dr. Moewardi.

Kata kunci: Kadar Elektrolit, Kalium, Natrium, Kualitas Hidup, Penyakit Ginjal Kronis, Hemodialisis

 

×
Penulis Utama : Tania Kurnia Candra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0017205
Tahun : 2021
Judul : Hubungan Kadar Elektrolit Dengan Kualitas Hidup Pasien Penyakit Ginjal Kronis yang Menjalani Hemodialisis Rutin di RSUD Dr. Moewardi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Kedokteran, Jur. Pendidikan Dokter - G0017205 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Wachid Putranto, Sp.PD-KGH, FINASIM
2. dr. Evi Nurhayatun, Sp.PD. M.Kes. FINASIM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.