Penulis Utama : Hari Setiawan
NIM / NIP : S441808011
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sosiologi sastra dan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam naskah ketoprak Rembulan Wungu dan Pedhut Jatisrana karya Bondan Nusantara serta relevansinya sebagai media pendidikan karakter di SMK.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data dalam penelitian ini berupa naskah ketoprak Rembulan Wungu dan Pedhut Jatisrana karya Bondan Nusantara. Teknik pengumpulan data menggunakan. teknik analisis isi, analisis dokumen dan wawancara informan, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampling bertujuan, yakni mengambil beberapa potong dialog dalam naskah ketoprak Rembulan Wungu dan Pedhut Jatisrana yang di dalamnya terdapat sosiologi sastra dan nilai pendidikan karakter.
Hasil dalam penelitian ini diantaranya: (1) Kajian sosiologi sastra pada naskah ketoprak Rembulan Wungu dan Pedhut Jatisrana karya Bondan Nusantara yang terbagi menjadi tindakan sosial rasional instrumental, tindakan sosial orientasi nilai, tindakan sosial afektif, dan masalah sosial yang terbagi menjadi disorganisasi keluarga, pelanggaran terhadap norma masyarakat, dan kemiskinan. Selain itu, terdapat juga etika jawa malu, pura pura, wedi, dan mawas diri (2) Nilai pendidikan karakter yang terdapat pada naskah ketoprak Rembulan Wungu dan Pedhut Jatisrana terwujud dalam karakter peduli sosial, jujur, religius, cinta damai, toleransi, cinta tanah air, semangat kebangsaan. (3) Pembahasan yang menjadikan naskah ketoprak Rembulan Wungu dan Pedhut Jatisrana karya Bondan Nusantara relevan sebagai media pendidikan karakter di SMK ialah terdapatnya nilai-nilai karakter yang dapat dijadikan acuan siswa, bahasa yang digunakan mudah dipahami, cerita yang disajikan sederhana dan dapat dipahami siswa.

Kata Kunci : Naskah Ketoprak, Sosiologi Sastra, Nilai Pendidikan Karakter, Media Pendidikan Karakter.

 

×
Penulis Utama : Hari Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441808011
Tahun : 2021
Judul : Kajian Sosiologi Sastra Dalam Naskah Ketoprak Karya Bondan Nusantara dan Relevansinya Sebagai Media Pendidikan Karakter di SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah - S441808011 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Ani Rakhmawati, M.A., Ph.D.
2. Dr. Atikah Anindyarini, SS., M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.