Penulis Utama : Sugeng Riyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831608048
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X IPA pada Materi Virus di SMA Negeri 7 Cirebon
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Sains - S831608048 - 2021
Subyek : BERPIKIR KRITIS, MOBILE LEARNING, ANDROID
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk mengembangkan daya pikir dalam menyelesaikan masalah. Berpikir kritis dan pemecahan masalah dianggap menjadi dasar baru untuk belajar abad ke-21. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis tentang karakteristik media Mobile Learning, menganalisis kelayakan media Mobile Learning dan menguji keefektifan media Mobile Learning berbasis Android pada materi Virus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 7 Cirebon.
Berpikir kritis dapat didefinisikan sesuatu yang mempunyai makna yang harus dibangun pada diri siswa sehingga menjadi suatu kepribadian yang terarah dalam kehidupan memecahkan segala persoalan. Mobile learning merupakan salah satu penunjang pembelajaran yang dilaksanakan di manapun dan kapanpun yaitu dapat digunakan dalam jaringan atau luar jaringan, cakupannya luas, terintegrasi dengan sistem yang ada. Desain penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Model pengembangan menggunakan 4-D yang diadaptasi dari Thiagarajan yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas X IPA di SMAN 7 Cirebon tahun pelajaran 2018/2019 yang ditetapkan secara cluster random sampling. Instrumen kemampuan berpikir kritis dikembangkan dari kemampuan berpikir kritis Ennis (2011).  
Karakteristik media mobile learning biologi berbasis android berupa tampilan aplikasi, berbagai ikon dan tombol. Setelah tahap desain selesai selanjutnya masuk dalam tahap pemrograman aplikasi hingga menjadi sebuah aplikasi yang siap untuk dijalankan pada smartphone atau tablet. Persentase kelayakan media mobile learning menurut ahli media dan ahli materi tiap aspek penilaian, aplikasi mobile learning biologi berbasis android dikatakan layak, dengan persentase sebesar 81,87?n 75%. Uji efektivitas produk ini terdapat peningkatan hasil tes pengguna aplikasi media mobile learning yang dikembangkan dengan membandingkan hasil tes awal dan tes akhir. Dengan demikian, ditarik kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi media mobile learning yang dikembangkan dalam penelitian ini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, Mobile Learning, Android

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S.Pd., M.Si.
2. Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.P.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana