Penulis Utama : Yoga Prastowo Mukti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831702014
Tahun : 2021
Judul : Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning dan Project Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Analisis dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Siswa (Pembelajaran pada Siswa Kelas VII MTs N 2 Surakarta pada Materi Struktur dan Lapisan Bumi )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Sains - S831702014 - 2021
Subyek : DISCOVERY LEARNING, PROJECT BASED LEARNING, KEMAMPUAN ANALISIS, KREATIVITAS
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh penggunaan model Discovery Learning dan Project Based Learning, kemampuan analisis siswa, kreativitas, dan interaksinya terhadap hasil belajar IPA.  Penelitian ini  menggunakan  metode  eksperimen.  Populasi  adalah  peserta didik  kelas  VII MTs Negeri 2 Surakarta tahun  pelajaran  2017/2018  terdiri dari  9 kelas.  Sampel penelitian dilakukan dengan  teknik  simple  random  sampling  terdiri  dari  dua  kelas. Kelas eksperimen 1 menggunakan model discovery dan kelas eksperimen 2 menggunakan model project based.  Kelas eksperimen 1 terdiri dari 28 siswa dan kelas eksperimen 2 terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar dan kemampuana analisis menggunakan tes, sedangkan untuk kreativitas siswa menggunakan lembar observasi. Uji hipotesis penelitian menggunakan anava dengan desain factorial 2x2x2 sel  tak sama dihitung menggunakan software SPSS 23.  
Berdasarkan  hasil  pengolahan  data  dengan taraf signifikansi 0,05  disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan pengaruh pembelajaran dengan menggunakan model discovery dan model project based terhadap hasil belajar IPA. (2) Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan analisis tinggi dan rendah terhadap hasil belajar. (3)  Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan rendah terhadap hasil belajar,  (4)  Tidak ada interaksi antara model discovery ataupun model project based dengan kemampuan analisis terhadap hasil belajar siswa ,  (5)  Tidak ada interaksi antara model discovery ataupun model project based dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa, (6) Tidak ada interaksi antara kemampuan analisis dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa, (7) Tidak ada interaksi antara model discovery ataupun model project based dengan kemampuan analisis dan kreativitas terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci : Discovery Learning, Project Based Learning, kemampuan analisis, kreativitas

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mohammad Masykuri, M. Si.
2. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana