Penulis Utama : Rudhita Kislamiyanti Nur Karimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851608029
Tahun : 2020
Judul : Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Materi Geometri Berbasis Soal HOTS Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Keirsey
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika - S851608029 - 2020
Subyek : ANALISIS KESULITAN, GEOMETRI, TIPE KEPRIBADIAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Matematika selalu dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit bagi sebagian besar siswa dari tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah. Padahal, matematika merupakan mata pelajaran yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pemecahan masalah (problem solving). Pergeseran paradigma pembangunan pendidikan dari abad ke-20 menuju abad-21 yaitu dengan lahirnya kurikulum 2013. Pada Kurikulum 2013 mulai dikembangkan soal-soal tipe HOTS (Higher OrderThinking Skills). Ketika siswa diberikan soal HOTS, siswa mengalami kesulitan dalam penyelesaiannya, kesulitan yang dialami juga berbeda-beda, hal ini terbukti bahwa terdapat berbagai karakter siswa dalam penyelesaian soal HOTS. Pada penyelesaian matematika tidak hanya disebabkan oleh pembelajaran yang kurang tepat akan tetapi juga dapat disebabkan oleh faktor psikologi siswa tersebut sehingga diperlukan pengetahuan guru dalam pemeriksaan tipe kepribadian masing-masing siswa. Dalam penelitian ini dilakukan analisis jenis kesulitan yang dialami siswa dalam penyelesaian soal berbasis HOTS ditinjau dari tipe kepribadian masing-masing siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan dalam pemecahan matematika geometri bangun datar berbasis soal HOTS pada siswa SMPIT BAKTI IBU Madiun ditinjau dari tipe kepribadian siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SMPIT BAKTI IBU Madiun pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria: 1) Telah mendapatkan materi geometri bangun datar dan 2) Mampu mengkomunikasikan alur pikirnya secara lisan dan tulisan dengan baik. Data penelitian diperoleh dari hasil tes tipe kepribadian, tes pemecahan masalah berbasis soal HOTS pada materi geometri bangun datar, dan wawancara siswa. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode.
Hasil penelitian disimpulkan bahwa siswa dengan tipe kepribadian rational tidak terlalu mengalami kesulitan dalam penyelesaian soal HOTS kategori C4 (menganalisis). Soal HOTS kategori C5 (mengevaluasi) siswa dengan tipe kepribadian rational mengalami kesulitan dalam memilih strategi dalam menentukan keliling bangun segi tidak beraturan hal ini berarti subjek tipe kerpibadian rational mengalami kesulitan pada visual spatial skill. Sedangkan Subjek dengan tipe kepribadian guardian mengalami banya kesulitan pada soal kategori C4 dna C5, sebagian besar kesulitan yang dialami adalah information skill, visual spatial skill dan arithmatics skill.

Kata kunci: Analisis Kesulitan, Geometri, Tipe Kepribadian

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Tri Atmojo K, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana