Penulis Utama : Setyo Hartanto
NIM / NIP : T811308006
×

Tujuan penelitian ini meliputi: 1) mendapatkan gambaran rangkaian kegiatan  pelaksanaan supervisi pembelajaran  guru oleh kepala sekolah di Sekolah Dasar Negeri di Jawa Tengah, 2) mengungkap pengaruh  terhadap peningkatan kualitas pembelajaran bagi guru yang telah disupervisi melalui 6 indikator.
Studi kasus tentang pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah ini melibatkan 11 guru dan 10 kepala sekolah.  Pengumpulan data berbantu aplikasi form-office 365, wawancara secara virtual menggunakan aplikasi zoom, whatshapp, dan kontak telepon langsung. Analisis data penulis yaitu analisis domain (Spradley dan Hubberman) serta berbantu form-office 365.
Hasil penelitian dan pembahasan: Jawaban rumusan masalah 1 supervisi pembelajaran oleh kepala sekolah telah intensif dilaksanakan di sekolah yang menjadi lokasi penelitian, berarti kepala sekolah dan guru telah melakukan kinerja dan tanggung jawab maksimal untuk menjaga kualitas pembelajaran. Jawaban rumusan masalah 2 yaitu membantu guru dalam mengembangkan media pembelajaran, memperbaiki penyusunan RPP, dan pengembangan kompetensi pedagogi serta mengubah perilaku anak menjadi lebih baik dan lebih siap dalam menghadapi pembelajaran. Teori Subtantif dari kristalisasi hasil penelitian yaitu  “Meskipun tidak sepenuhnya dilaksanakan dengan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan dinilai sebagai kegiatan rutin oleh para guru, supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah memberikan manfaat kepada guru, terutama dalam memecahkan permasalahan yang terjadi di dalam kelas”.
Implikasi penelitian ini: 1) Kepala sekolah hendaknya menyempatkan diri melaksanakan supervisi guru dengan komitmen tinggi dan mengikuti panduan yang berlaku, alasannya keberhasilan dan kegagalan supervisi pembelajaran guru juga didasari atas kemampuan supervisor dalam merespons tugas-tugas tentang supervisi tersebut. 2) Supervisi pembelajaran sebagai suplemen peningkatan mutu pembelajaran di kelas. 3) Ketidaksistematisan dan kurangnya komitmen antara guru dengan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pembelajaran dapat berpengaruh pada pemecahan permasalahan pembelajaran di kelas.

Kata kunci: Supervisi Pembelajaran, Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah.

 

×
Penulis Utama : Setyo Hartanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T811308006
Tahun : 2021
Judul : Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah Terhadap Guru Studi Kasus: di Sekolah Dasar Negeri di Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-3 Ilmu Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Doktor Ilmu Pendidikan - T811308006 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd.
2. Prof. Dr. H. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.