Penulis Utama : Sutikno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T841308010
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Pembelajaran Menulis Puisi Berwawasan Pendidikan Multikultural dengan Model Sinektik Siswa SMA Kabupaten Brebes
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana, Prog. Studi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia - T841308010 - 2020
Subyek :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan atau menghasilkan pembelajaran menulis puisi berwawasan pendidikan multikultural dengan model sinektik, mendeskripsikan kebutuhan guru dan siswa, menjelaskan kebutuhan guru dan siswa, menjelaskan pengembangkan model pembelajaran menulis puisi berwawasan pendidikan multikultural dengan model sinektik, menguji keefektifan model pembelajaran, dan menguji keberterimaan model pembelajaran.
Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian dilakukan SMA Sekabupaten Brebes tahun 2015. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-konstruksi, observasi, dan analisis dokumen, pertanyaan wawancara, observasi, dan tes kemampuan siswa. Alat pengumpul data berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan soal tes kemampuan siswa. Teknik analisis data dengan teknik analisis isi, analisis kualitatif, dan analisis statistik.
Penelitian menyimpulkan bahwa: 1) model pembelajaran menulis puisi masih bersifat konvensional sehingga belum dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. 2) Guru memerlukan peningkatan kemampuan dalam mempersiapkan pembelajaran, menggunakan media pembelajaran, mengembangkan model pembelajaran, menyelenggarakan pembelajaran secara menyenangkan, dan mengelola kelas. Kebutuhan siswa dalam belajar menulis puisi antara lain peningkatan wawasan sebagai sumber ide, memerlukan motivasi, memerlukan kerjasama, memerlukan model pembelajaran yang menuntut partisipasi siswa yang lebih banyak. 3) Pengembangan model pembelajaran dilakukan langkah-langkah: a) mengakomodasi kebutuhan guru dan siswa, menggunakan demensi the knowledge construction process. b) mengemukakan ide penyusunan pengembangan pembelajaran. c) Pengembangan pembelajaran meliputi: Illustration, Discusion, Action, Revition, Presentation (IDARP).  d) Pertimbangan expert judgment. e) Revisi. 4) Keefektifan model pembelajaran dinyatakan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. 5) Keberterimaan model pembelajaran dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran: a) merupakan bentuk inovasi dan terobosan terhadap pembelajaran menulis puisi, b) merupakan pengembangan kreativitas dengan struktur yang jelas dan dilengkapi buku panduan, c) mampu mendorong siswa lebih kreatif dan memotivasi siswa dalam pembelajaran d) model pembelajaran mudah dipahami guru dan siswa.

Kata kunci: Pendidikan Multikultural, Model Sinektik, Pembelajaran Menulis Puisi.

 

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Lembar Pernyataan.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
2. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana