Penulis Utama : Fatma Fitrianuari Fatima
NIM / NIP : E0017182
×

Kajian ini mendeskripsikan dan mengkaji permasalahan, pertama bagaimanakah pertanggungjawaban hukum atas pembajakan buku di E-Commerce. Kedua, bagaimana upaya yang dapat dilakukan pemilik hak cipta untuk melindungi bukunya dari pembajakan di E-commerce.

Kajian ini berdasarkan hasil penelitian hukum normatif bersifat preskriptif dan terapan. Jenis data yang digunakan ialah jenis data sekunder dengan bahan hukum primer dan sekunder, serta bahan non-hukum atau bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara mengunduh (download), meng-copy, mengoleksi lalu membaca, mempelajari, mengkaji dan menganalisis bahan-bahan hukum primer seperti Undang-Undang Hak Cipta 28/2014, Undang-Undang ITE serta peraturan lain, buku- buku, artikel, jurnal dan lain-lain dengan menyesuaikan permasalahan yang dikaji oleh penulis. Selanjutnya teknik analisis yang digunakan adalah metode silogisme yang bersifat deduksi.

Hasil kajian menunjukkan bahwa pertanggungjawaban atas penjualan buku bajakan di E-commerce sudah tercantum dalam UU Hak Cipta 28/2014. Penyedia platform sebagai penanggungjawab berkewajiban untuk menjaga kualitas serta melindungi hak cipta buku yang di jual di platform-nya. Pemilik hak cipta juga dapat meningkatkan upaya agar karya ciptaannya tidak dibajak dan diperjualbelikan di E-commerce. Namun, terkait penerapannya masih ditemukan banyak pelanggaran, masih ditemukannya buku bajakan di E-commerce menjadi tandanya. Sehingga diperlukan upaya serius agar seluruh pihak terkait dapat menaati Undang-Undang serta menghargai karya ciptaan.

Kata Kunci: E-Commerce; Hak Cipta; Pembajakan Buku; Tanggungjawab

 

×
Penulis Utama : Fatma Fitrianuari Fatima
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0017182
Tahun : 2021
Judul : Pertanggungjawaban Hukum Perdata Terhadap Penjualan Buku Bajakan Melalui E-Commerce Berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Hukum, Jur. Ilmu Hukum - E0017182 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. M. Hudi Asrori S., S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.