Penulis Utama : Utin Ilma Agni Kun’ain
NIM / NIP : S021708051
×

Latar belakang: Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) merupakan pandemi yang terjadi pertama kali di Cina dan menyebar ke negara lain. Faktor risiko terkait COVID-19 yaitu usia, jenis kelamin, dan adanya komorbiditas. Pasien dengan komorbiditas diabetes mellitus memiliki kekebalan rendah yang mempengaruhi risiko keparahan dan meningkatkan risiko kematian COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi rata-rata besarnya pengaruh komorbiditas diabetes mellitus terhadap risiko keparahan dan kematian pasien COVID-19.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian systematic review dan meta analisis. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang akan dilakukan dengan pencarian artikel melalui database yang sistematis dan komprehensif dari Pubmed, Google Scholar, Springer Link. Analisis pada penelitian ini dengan menggunakan software Review Manager 5.3. Kriteria inklusi yang digunakan full paper Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dengan observational study, penelitian primer di rumah sakit. Kata kunci yang digunakan untuk menemukan artikel adalah “COVID-19 and comorbidity”, “COVID-19 and severity and diabetes”, “comorbidity or severity or diabetes or adjusted odd ratio” “COVID-19 and mortality and diabetes”, “comorbidity or mortality or diabetes or adjusted odd ratio”. Meta-analisis menggunakan RevMan 5.3 dengan Random Effect Model.
Hasil: Berdasarkan hasil analisis terdapat heterogenitas yang tinggi antar eksperimen (I2 =85%; p=0.04) sehingga digunakan Random Effects Model (REM). Pasien COVID-19 dengan komorbiditas diabetes mellitus memiliki 2.04 kali untuk mengalami keparahan dibandingkan dengan pasien yang tidak memiliki komorbiditas diabetes mellitus (aOR 2.04; CI 95% 1.20 hingga 3.46). Pasien COVID-19 dengan komorbiditas diabetes mellitus memiliki 2.17 kali untuk mengalami kematian dibandingkan dengan pasien yang tidak memiliki komorbiditas diabetes mellitus (aOR 2.17; CI 95% 1.04 hingga 4.54).
Kesimpulan: Komorbiditas diabetes mellitus meningkatkan risiko keparahan dan risiko kematian pada pasien COVID-19.
Kata Kunci: COVID-19, Komorbiditas, Diabetes Mellitus, Keparahan, Kematian.

×
Penulis Utama : Utin Ilma Agni Kun’ain
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021708051
Tahun : 2020
Judul : Meta Analisis Pengaruh Komorbiditas Diabetes Mellitus terhadap Risiko Keparahan dan Kematian Pasien Covid-19
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana - Prodi. Kesehatan Masyarakat - S021708051 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., M.Kes.
2. Prof. Didik Gunawan Tamtomo, dr., PAK., MM., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.