Penulis Utama : Anissa Eka Septiani
NIM / NIP : S021808007
×

Latar Belakang: Ulkus kaki diabetik merupakan salah satu komplikasi diabetes melitus yang menghabiskan biaya yang tinggi, perawatan luka yang lama, meningkatkan mortalitas, morbiditas dan menyebabkan amputasi non-traumatik. Terdapat faktor risiko yang diduga sebagai penyebab amputasi ekstremitas bawah pada ulkus kaki diabetik yaitu penyakit arteri perifer, hipertensi dan jenis kelamin. Penelitian ini bertujuan mengestimasi besarnya pengaruh penyakit arteri perifer, hipertensi dan jenis kelamin terhadap risiko amputasi ekstremitas bawah pada pasien diabetes melitus dengan ulkus kaki.
Subjek dan Metode: Studi meta-analisis dan kajian sistematis diterapkan pada penelitian ini dengan menggunakan basis data elektronik Pubmed, Scopus, Google Scholar dan Springer Link. Kata kunci untuk mencari artikel adalah sebagai berikut: “diabetic foot”, “lower limb amputation”, “lower extremity amputation”, “risc factor”, “predictor”, “cohort”, “retrospective”, “adjusted odds ratio”. Artikel dikumpulkan menggunakan diagram PRISMA, dan dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3.
Hasil: Meta-analisis dari 9 artikel cohort, pasien ulkus kaki diabetik dengan penyakit arteri perifer (aOR = 2.46; CI 95% = 1.70 – 3.55; p < 0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: penyakit arteri perifer, hipertensi dan jenis kelamin laki-laki merupakan faktor risiko yang dapat meningkatkan kejadian amputasi ekstremitas bawah
Kata Kunci: penyakit arteri perifer, hipertensi, jenis kelamin, ulkus kaki diabetik, amputasi ekstremitas bawah

 

×
Penulis Utama : Anissa Eka Septiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021808007
Tahun : 2020
Judul : Meta-Analisis Faktor Risiko Amputasi Ekstremitas Bawah pada Penderita Diabetes Melitus dengan Ulkus Kaki
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana - Prodi. Kesehatan Masyarakat - S021808007 - 2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., M.Kes
2. Dr. Hanung Prasetya, S.Kp., S.Psi., MSi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.