Penulis Utama : Putri Andini Muslimah
NIM / NIP : S021808047
×

Latar Belakang: Permasalahan status gizi (stunting) anak sering dikaitkan dengan berbagai macam faktor biopsikososial dan juga penyakit infeksi, salah satunya adalah Soil Transmitted Helminths (STH). Kecacingan pada anak memengaruhi pemasukan, pencernaan, penyerapan, serta metabolisme makanan yang berdampak pada berkurangnya pasokan nutrisi tubuh sehingga dapat merugikan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan STH dan faktor biopsikososial dengan kejadian stunting pada anak usia 6-12 tahun di Pinrang, Sulawesi Selatan.
Subjek dan Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2020 di Kabupaten Pinrang. Sampel dipilih secara random sampling, sebanyak 200 subjek penelitian. Variabel dependen adalah stunting. Variabel independen adalah kecacingan, pendidikan ibu, pendapatan keluarga, jumlah anggota keluarga, TB ibu, BBLR, panjang badan lahir, ASI eksklusif, MPASI dan strata topografi kelurahan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis regresi logistik ganda multilevel menggunakan STATA13.
Hasil: Kejadian stunting pada anak meningkat oleh kecacingan (b= 2.11; CI 95%= 1.11 sampai 3.10; p <0 xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed xss=removed>Kesimpulan: Kejadian stunting dipengaruhi oleh status infeksi kecacingan, pendidikan, pendapatan, jumlah anggota keluarga, TB ibu, BBLR, panjang badan lahir, ASI eksklusif dan MPASI pada anak usia 6-12 tahun di Pinrang, Sulawesi Selatan. Level kelurahan memiliki pengaruh terhadap kejadian stunting.
Kata Kunci: Stunting, Soil Transmitted Helminths, kecacingan, STH.

 

×
Penulis Utama : Putri Andini Muslimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021808047
Tahun : 2021
Judul : Analisis Multilevel Hubungan Soil Transmitted Helminths (STH) dan Faktor Biopsikososial terhadap Kejadian Stunting pada Anak Usia 6-12 Tahun di Pinrang Sulawesi Selatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana - Prodi. Kesehatan Masyarakat - S021808047 - 2021
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Harsono Salimo, dr,Sp.A(K).
2. Prof. Yulia Lanti Retno Dewi, dr,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.