Penulis Utama : Nadiyah Novia Akbar
NIM / NIP : K4516040
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir divergen peserta didik SMP Negeri 2 Ulujami pada pembelajaran IPA dan perbedaan kemampuan berpikir divergen peserta didik laki-laki dan perempuan di SMP Negeri 2 Ulujami pada pembelajaran IPA.

Penelitian ini menggunakan metode survai dengan 300 peserta didik sebagai subjek penelitian terdiri dari masing-masing 100 peserta didik setiap kelas VII, VIII, dan IX SMP Negeri 2 Ulujami dengan 150 peserta didik laki-laki dan 150 peserta didik perempuan yang ditentukan dengan purposive sampling. Sumber data primer berasal dari skor tes kemampuan berpikir divergen peserta didik dalam pembelajaran IPA. Perangkat tes diadopsi dari penelitian Bambang Subali (2013) dan telah diuji coba. Sumber data sekunder berasal dari angket aktivitas peserta didik serta wawancara guru IPA. Kemampuan berpikir divergen peserta didik SMP Negeri 2 Ulujami pada pembelajaran IPA termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 223 peserta didik (74,33%) dari 300 peserta didik. Kemampuan berpikir divergen berbeda secara signifikan antara peserta didik laki-laki dan perempuan dengan nilai t pada equal varience assumed adalah 3,214 dengan probabilitas signifikansi 0,001 (two tail). Simpulan dari penelitian ini adalah kemampuan berpikir divergen peserta didik SMP Negeri 2 Ulujami pada pembelajaran IPA masuk dalam kategori sedang dan Terdapat perbedaan kemampuan berpikir divergen peserta didik SMP Negeri 2 Ulujami pada pembelajaran IPA antara peserta didik perempuan dan peserta didik laki-laki.

×
Penulis Utama : Nadiyah Novia Akbar
Penulis Tambahan : 1. -
2.
NIM / NIP : K4516040
Tahun : 2021
Judul : Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik SMP Negeri 2 Ulujami pada Pembelajaran IPA Ditinjau Berdasarkan Gender
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : berpikir divergen, pembelajaran IPA, gender
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supurwoko, M.Si.
2. Puguh Karyanto, S. Si., M.Si, Ph.D.
Penguji : 1. Dr.paed. Nurma Yunita I, M.Si., M.Sc.
2. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.