Penulis Utama : Aulia Nindy Nelisa Afiv
NIM / NIP : B0117010
×

ABSTRAK 

AULIA NINDY NELISA AFIV. B0117010.  2021. Analisis Wacana Tekstual dan Kontekstual Lirik Lagu Alun Pantai Buyutan Karya Eko Rias dengan Yanto Kentit (Suatu Kajian Wacana). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

            Permasalahan dalam penelitian ini, adalah: (1) Bagaimanakah analisis tekstual dalam lirik lagu Alun Pantai Buyutan karya Eko Rias dengan Yanto Kentit?. (2) Bagaimanakah analisis kontekstual dalam lirik lagu Alun Pantai Buyutan karya Eko Rias dengan Yanto Kentit?. (3) Bagaimanakah bahasa yang digunakan dalam lirik lagu Alun Pantai Buyutan karya Eko Rias dengan Yanto Kentit? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan analisis tekstual dalam lirik lagu Alun Pantai Buyutan karya Eko Rias dengan Yanto Kentit. (2) Mendeskripsikan analisis kontekstual dalam lirik lagu Alun Pantai Buyutan karya Eko Rias dengan Yanto Kentit. (3) Mendeskripsikan bahasa yang digunakan dalam lirik lagu Alun Pantai Buyutan karya Eko Rias dengan Yanto Kentit.

            Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan dari lirik lagu Alun Pantai Buyutan karya Eko Rias dengan Yanto Kentit yang memiliki aspek tekstual dan kontekstual wacana. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari Youtube DS Creative Pacitan, yang ditayangkan sejak tahun 2020. Pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan etode agih dan padan. Metode agih digunakan untuk menganalisis aspek leksikal dan gramatikal dengan memakai teknik BUL (Bagi Unsur Langsung) sebagai teknik dasar. Metode padan digunakan untuk menganalisis aspek kontekstual dan inferensi yang terdapat dalam lirik lagu. Tahap penyajian hasil analisis data ini menggunakan metode formal dan informal.

            Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Analisis tekstual wacana dari lirik lagu Alun Pantai Buyutan Karya Eko Rias dengan Yanto Kentit ini memiliki aspek gramatikal dan aspek leksikal. Aspek gramatikal ini itu sendiri terdiri dari pengacuan (persona,demonstratif, komparatif), Perangkaian atau konjungsi. Sedangkan pada aspek leksikal terdiri dari repetisi (tautotes, anafora, penuh) sinonimi, dan kolokasi. (2) Analisis kontekstual dalam lirik lagu Alun Pantai Buyutan karya Eko Rias dengan Yanto Kentit ini melalui berbagai prinsip, diantaranya prinsip penafsiran personal, prinsip penafsiran lokasional, prinsip penafsiran, prinsip analogi. Dari berbagai prinsip tersebut digunakan untuk memahami makna dalam wacana melalui inferensi. (3) Bahasa yang digunakan dalam lirik lagu Alun Pantai Buyutan karya Eko Rias dengan Yanto Kentit yaitu ada pilihan kata yang digunakan dalam lirk lagu (penggunaan rima pada tiap baris) dan terdapat penggunaan personifikasi dalam lirk lagu.

×
Penulis Utama : Aulia Nindy Nelisa Afiv
Penulis Tambahan : 1. -
NIM / NIP : B0117010
Tahun : 2021
Judul : Analisis Tekstual dan Kontekstual Lirik Lagu 'Alun Pantai Buyutan' karya Eko Rias dengan Yanto Kentit (Kajian Wacana)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2021
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : bahasa, wacana, tekstual, kontekstual, inferensi, lirik lagu.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Yohanes Suwanto, M.Hum
Penguji : 1. Prof. Dr. Sumarlam, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.