Penulis Utama : Budi Setiawan
NIM / NIP : T811808006
×

Budi Setiawan. T811808006. Pengembangan Aplikasi MATAP (Mobile Assisted Toeic Assessment Preparation) Untuk Meningkatkan Kompetensi Bahasa Inggris Peserta Didik SMK. Disertasi. Promotor: Prof. Dr. Sunardi, M.Sc., Ko-Promotor I: Prof. Drs. Gunarhadi, M.A, Ph.D., Ko-Promotor II: Prof. Dr. Asrowi, M.Pd. Program Studi Doktor Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menemukan kebutuhan dikembangkannya aplikasi multimedia pembelajaran mobile learning MATAP dalam meningkatkan kompetensi bahasa Inggris peserta didik kelas XII SMK, 2) menemukan prosedur pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi multimedia pembelajaran mobile learning MATAP untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris peserta didik kelas XII SMK, 3) Menemukan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi multimedia pembelajaran mobile learning MATAP untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris peserta didik kelas XII SMK.

Merujuk dari penelitian pengembangan, penelitian ini terdiri dari 3 langkah yaitu: 1) Studi pendahuluan yang meliputi studi kepustakaan, survei lapangan, penyusunan draf, 2) Pengembangan model atau produk yang berisi desain model (4D), prototipe produk, uji coba terbatas, uji coba luas, 3) Uji model atau media yang memuat tahapan pretest dan posttest dimana merupakan tahapan terakhir dengan melakukan pretest dan postets pada kelas eksperimen untuk melihat ada tidaknya peningkatan capaian kompetensi bahasa Inggris peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran mobile learning MATAP. Produk pengembangan yang diujicobakan telah melalui beberapa tahapan antara lain; tinjauan dari ahli media yang memuat aspek rekayasa perangkat lunak dan komunikasi visual, tinjauan dari ahli materi yang memuat aspek materi dan desain pembelajaran, dan praktisi serta tinjauan dari tanggapan peserta didik.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) 80?paian skor peserta didik yang dihubungkan dengan sertifikasi TOEIC belum mencapai ambang batas minimal yang ditetapkan (<450>MATAP untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris peserta didik dikembangkanlah media MATAP dengan desain model/ media 4D yang terdiri dari; define, design, develop, disseminate, 3) Dalam menemukan keefektifan media pembelajaran MATAP menunjukkan adanya peningkatan kompetensi bahasa Inggris melalui uji paired sample test yang dilihat dari nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0>

×
Penulis Utama : Budi Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T811808006
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Aplikasi Mobile Assisted Toeic Assessment Preparation (MATAP) untuk Meningkatkan Kompetensi Bahasa Iinggris Peserta Didik SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-3 Ilmu Pendidikan
Kolasi :
Sumber : +
Kata Kunci : Mobile learning, TOEIC, Kompetensi bahasa Inggris
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://jonuns.com/index.php/journal/article/view/865/859
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
2. Prof. Drs. Gunarhadi, M.A., Ph.D.
3. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd.
3. Prof. Dr. Sugirin, Ph.D.
Catatan Umum : Sebagian besar hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal bereputasi dan sebagian lainnya dalam proses submit dan review ke jurnal lain.
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.