Penulis Utama : Fitriana Prihati
NIM / NIP : S081708018
×

Science and Engineering Practices (SEPs) NGSS mencakup praktik yang familiar dan praktik masih asing bagi guru yang sudah menggunakan pendekatan inkuiri pada pembelajaran. Beberapa aspek SEPs akrab dengan aspek inkuiri, seperti mengajukan pertanyaan, merencanakan dan melaksanakan investigasi, dan menganalisis data. Rendahnya tingkat pengimplementasian keterampilan praktik ini melatarbelakangi penelitian pengembangan ini dengan mengintegrasikan SEPs meliputi:  planning and carrying out investigation (SEPs 3), analyzing and interpreting data (SEPs 4), dan constructing explannation (SEPs 6) ke dalam instrumen penilaian autentik.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendapatkan karakteristik instrument penilaian autentik terintegrasi SEPs NGSS pada materi Hukum Newton tentang Gerak; (2) mendapat kelayakan instrumen penilaian autentik  terintegrasi SEPs NGSS pada materi Hukum Newton tentang Gerak ; (3) mendapatkan profil SEPs siswa kelas X pada materi Hukum Newton tentang gerak.

Metode penelitian yang digunakan adalah penilaian R&D oleh Brog and Gall. Data penelitian diperoleh dari ahli, reviewer, peer-reviewer, dan siswa SMA kelas X. Angket dan wawancara digunakan sebagai teknik pengambilan data serta instrument tes untuk mendapatkan kelayakan instrument dan profil SEPs siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan gabungan dari deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil dari penelitian antara lain: (1)  produk berupa instrumen penilaian autentik yang terdiri atas instrument penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang terintegrasi dengan SEPs NGSS dilengkapi dengan instrumen pendamping berupa silabus, RPP, dan LKPD dengan sintaks inkuiri terbimbing dan terintregasi SEPs NGSS; (2) instrumen penilaian autentik terintegrasi SEPs NGSS ini dinyatakan layak dengan Hasil dari uji kelayakan tersebut untuk validasi isi instrument penilaian sebesar 3,76, instrument pendamping atau perangkat pembelajaran dengan skor rata-rata 3,63 tergolong sangat baik. reliabilitas instrumen penilaian sikap dengan 0,764, dan reliabilitas instrumen penilaian keterampilan sebesar 0,762 menunjukkan kategori tinggi. Hasil analisis instrumen penilaian pengetahuan pada uji coba skala besar menunjukkan nilai reiabilitas item sebesar 0,92 yang artinya dalam kategori sangat baik. Hasil analisis butir soal dengan teori modern menunjukkan semua item fit atau sesuai dengan model Rasch dengan batas penerimaan ?0,77 sampai ?1,30. Analisis butir soal ditinjau dari daya pembeda, taraf kesukaran dan keefektifan distraktor juga menujukkan soal dalam kondisi layak; (3) profil SEPs siswa kelas X pada materi Hukum Newton tentang Gerak pada aspek analyzing and interpretting data (SEPs 3) dengan nilai rata-rata 61,67% masuk dalam kategori tinggi, aspek planning and carrying out investigation (SEPs 3) dengan nilai rata-rata 59,46?lam kategori sedang, dan yang paling rendah adalah aspek constructing explanation (SEPs 6) dengan nilai rata-rata 52,58% juga masuk dalam kategori sedang.

×
Penulis Utama : Fitriana Prihati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S081708018
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Terintegrasi Science and Engineering Practices (SEPs) Next Generation Science Standard (NGSS) pada Pembelajaran Fisika
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : penilaian autentik, science and engineering practices, SEPs, NGSS
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D
Penguji : 1. Dr. Eng. Risa Suryana, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.