Penulis Utama : Sahid Abdulah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2516062
Tahun : 2021
Judul : Performansi Variasi Bentuk Ekor Turbin Terhadap Waktu untuk Merespon Perubahan Arah Datang Angin pada Turbin Angin Horisontal Skala Mikro
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PERFORMANSI VARIASI BENTUK EKOR TURBIN TERHADAP WAKTU UNTUK MERESPON PERUBAHAN ARAH DATANG ANGIN PADA TURBIN ANGIN HORISONTAL SKALA MIKRO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2021.
Kondisi angin di Indonesia yang memiliki karakteristik distribusi kecepatan angin yang tergolong rendah dan fluktuasi kecepatan angin tinggi mengakibatkan turbin angin sumbu horisontal skala mikro tidak dapat bekerja secara optimal. Penggunaan ekor sebagai mekanisme kontrol yaw sangat diperlukan untuk penggunaan turbin angin skala mikro agar sumbu rotor selalu menghadap arah datangnya angin. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain ekor turbin angin skala mikro yang responsif terhadap perubahan arah datang angin agar dapat menghasilkan daya yang optimal.
Pada penelitian ini terdapat empat variasi bentuk ekor turbin yaitu T_(1 ), T_(2 ), T_(3 ), ?dan T?_4. Keempat variasi tersebut dipasang pada turbin angin dan dilakukan pengujian di wind tunnel. Pengujian dilakukan dengan cara memalingkan rotor turbin dari arah datang angin yang bersumber dari blower dengan sudut persimpangan rotor sebesar 0°, 45°, 90°, 135°, 180°, 225°, 270°, dan 315°, kemudian masing-masing variasi diukur lamanya waktu yang dibutuhkan turbin untuk kembali pada posisi awal 0°.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain bentuk ekor turbin mempengaruhi waktu yang dibutuhkan turbin untuk merespon perubahan arah datang angin. Pada penelitian ini variasi bentuk ekor kedua (T_2) merupakan desain bentuk ekor yang terbaik, T_2 melakukan respon tercepat pada tiap pengujian jika dibandingkan dengan variasi lainnya.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eng. Herman Saputro, M.Pd., M.T
2. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP