Penulis Utama : Amalia Khurotul Mahzunah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0116014
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Sensitivitas Interpersonal dan Ketidakpuasan Bentuk Tubuh dengan Ide Bunuh Diri Pada Mahasiswa S1 Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Kedokteran - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

HUBUNGAN SENSITIVITAS INTERPERSONAL DAN KETIDAKPUASAN BENTUK TUBUH DENGAN IDE BUNUH DIRI PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS SEBELAS MARET

 

Amalia Khurotul Mahzunah (G0116014)

Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran

Universitas Sebelas Maret

 

ABSTRAK

 

            Ide bunuh diri adalah keinginan dan rencana untuk bunuh diri yang belum disertai tindakan eksplisit. Ide bunuh diri dipengaruhi oleh berbagai faktor yang kompleks. Salah satu faktor yang terbukti memengaruhi kemunculan ide bunuh diri pada dewasa awal dalah sensitifitas interpersonal. Faktor lain dalam penelitian ini yaitu ketidakpuasan bentuk tubuh yang dapat meningkatkan resiko munculnya ide bunuh diri. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu hubungan antara sensitivitas interpersonal dan ketidakpuasan bentuk tubuh dengan ide bunuh diri pada mahasiswa S1 Universitas Sebelas Maret.

            Penelitian ini melibatkan 102 mahasiswa yang memiliki ide bunuh diri. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk mengambil sampel. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah skala ide bunuh diri (r = 0,927), skala sensitivitas interpersonal (r = 0,911) dan skala ketidakpuasan bentuk tubuh (r = 0,742). Uji hipotesis yang dilakukan yaitu teknik regresi linear berganda dan uji parsial untuk mengetahui hubungan variabel prediktor dan variabel kriterium.

            Hasil regresi linear berganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan yang cukup kuat (r = 0,416) antara sensitivitas interpersonal dan ketidakpuasan bentuk tubuh dengan ide bunuh diri (Fhitung>Ftabel, 10,341 > 3,090, p<0>). Kemudian hasil uji korelasi parsial pertama menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara sensitivitas interpersonal dengan ide bunuh diri (r = 0,294, p < 0>). Selanjutnya hasil analisis korelasi parsial kedua menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara ketidakpuasan bentuk tubuh dengan ide bunuh diri (r = 0,409, p < 0>. Sensitivitas interpersonal dan ketidakpuasan bentuk tubuh menyumbang secara simultan sebesar 19,6% terhadap ide bunuh diri.

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Skripsi_Amalia Khurotul_Halaman Cover.pdf
Skripsi_Amalia Khurotul_BAB I.pdf
Skripsi_Amalia Khurotul_BAB II.pdf
Skripsi_Amalia Khurotul_BAB III.pdf
Skripsi_Amalia Khurotul_BAB IV.pdf
Skripsi_Amalia Khurotul_BAB V.pdf
Skripsi_Amalia Khurotul_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Skripsi_Amalia Khurotul_LAMPIRAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Farida Hidayati, S.Psi., M.Si
2. Laelatus Syifa Sari Agustina, S.Psi., M.Psi., Psikolog
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Kedokteran