Penulis Utama : Raden Roro Ayu Marwinni Romadhona
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4416053
Tahun : 2021
Judul : Peranan Ibu Negara: Siti Hartinah Dalam Pemberdayaan Masyarakat pada Program Keluarga Berencana Tahun 1970-1989
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4416053
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan Penelitian ini yaitu menganalisis (1) Latar Belakang Siti Hartinah dalam Pemberdayaan Masyarakat pada Program Keluarga Berencana (2) Peranan Siti Hartinah dalam Pemberdayaan Masyarakat pada Program Keluarga Berencana.
Penelitian ini menggunakan metode historis. Sumber yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder. Sumber primer berupa pidato-pidato kepresidenan, laporan BKKBN, koran, majalah, disertai  sumber sekunder berupa buku-buku dan jurnal yang relevan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka dan wawancara. Prosedur dalam penelitian meliputi tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Latar Belakang Siti Hartinah dalam Pemberdayaan Masyarakat pada Program Keluarga Berencana dipengaruhi oleh (a) Siti Hartinah lahir dari keluarga keturunan raja Praja Mangkunegara III dan orang tuanya seorang wedana, sifat populisnya muncul karena dibiasakan berbaur dengan teman-teman usianya tanpa memandang status, maka Siti Hartinah mudah berbaur dengan masyarakat (b) Menjadi Ibu Negara, ditengah fenomena kepadatan penduduk dan angka kelahiran yang masih tinggi, namun tidak diseimbangi dengan kesejahteraan, (c) Memberdayakan organisasi perempuan, membuktikan bahwa perempuan dapat berdaya dan memiliki hak yang sama, bukan hanya urusan konco wingking dalam istilah jawa yaitu macak, masak, manak atau berhias, masak, melahirkan (2) Perananan Siti Hartinah dalam Pemberdayaan Masyarakat pada Program Keluarga Berencana adalah sebagai motivator bagi kaum perempuan khususnya dan masyarakat pada umumnya. Kegiatan motivasi dilakukan melalui seminar, konferensi internasional, maupun media massa.


Kata kunci: Siti Hartinah, keluarga berencana, orde baru.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Yuniyanto, M.Hum
2. Prof. Dr. Leo Agung S., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP